Anterin Cs Mau Kalahkan Grab & Gojek? Bakar Uang Kuncinya

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
21 September 2019 10:46
Jakarta, CNBC Indonesia- Persaingan di layanan ojek online dan transportasi online kian sengit. Beberapa aplikator baru seperti Anterin, Gaspol dan BitCar hadir untuk menggoyang dominasi Grab dan Gojek.

Para kompetitor ini datang dengan konsep bisnis yang berbeda dengan Grab dan Gojek dan janji tidak akan bakar uang dengan patuh aturan tarif ojek online yang sudah diterapkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).


Mereka berjanji tidak akan menempuh jalur promo diskon tarif besar-besaran dan perang diskon yang dijalankan oleh Grab dan Gojek. Padahal aksi bakar uang sudah terbukti efektif meningkatkan pengguna dan mematikan para pesaing dalam industri ini.


Bagi Ekonom Institute for Development of Economics and Finance ( INDEF), Bhima Yudhistira, persaingan di bisnis ojol relatif ketat dan berdarah. Dalam empat tahun terakhir banyak pemain baru yang berguguran dan kini tinggal dua pemain besar. Yakni Grab dan Gojek. Grab hadir di 224 kota, sedangkan Gojek beroperasi di 221 kota.

"Jika pemain baru mau bersaing, harus siapkan dana untuk lakukan promo secara masif. Artinya faktor suntikan modal menjadi syarat utama," tegas Bhima.

Tanpa modal yang besar, sulit bagi Anterin Cs untuk bersaing lebih jauh. Sebaliknya, ancaman gulung tikar begitu tampak di depan mata.

"Jadi peluang pemain ojol baru, tanpa modal yang kuat mustahil bisa bertahan. Ya kita lihat nanti apa bisa survive 1 tahun ke depan," pungkasnya.

Namun bagi pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menilai penantang Gojek-Grab bisa saja bertahan di industri ojol asal tidak mengikuti pakem yang sudah ada.

"Mungkin bisa, tergantung strateginya dia seperti apa. Harus ada terobosan. Kalau ikutin yang sama saya bilang nggak bisa survive," tambahnya.

Berikut senjata rahasia penantang Grab dan Gojek, Anterin, Gaspol, dan BitCar Bersaing industri transportasi online.


Berlanjut ke halaman berikutnya ...



Anterin dengan Konsep Marketplace
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading