Jokowi Mau Tuntaskan CAD 3 Tahun, Malaikat Setengah Dewa?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
21 November 2019 12:03
Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu masalah besar yang menggelayuti perekonomian Indonesia adalah defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD). Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkali-kali menekankan bahwa masalah ini harus segera dituntaskan.

Jokowi mengakui bahwa selama ini masalah defisit transaksi berjalan belum diselesaikan dengan baik. Oleh karena itu, eks gubernur DKI Jakarta itu menargetkan defisit transaksi berjalan bisa tuntas dalam waktu 3-4 tahun.

"Saya mengajak kita semua untuk bersama-sama melihat betapa berpuluh tahun kita menghadapi masalah defisit neraca transaksi berjalan, defisit neraca perdagangan, tidak bisa kita tangani secara baik. Saya meyakini penyakit ini bisa kita selesaikan dalam 3-4 tahun mendatang," papar Jokowi.


Baca: Jokowi Pede Penyakit CAD Bakal Tuntas 3-4 Tahun Lagi

Pertama, sebenarnya masalah defisit transaksi berjalan belum menghinggapi Indonesia selama puluhan tahun. Indonesia baru 'rajin' membukukan defisit transaksi berjalan sejak 2011, jadi baru sekitar delapan tahun. Jangan puluhan, belasan tahun pun belum.



Kedua, Pak Jokowi boleh saja punya target defisit transaksi berjalan bisa berbalik menjadi surplus dalam 3-4 tahun. Semoga tercapai, karena tantangan yang dihadapi tidak ringan.

BACA JUGA : 'Manusia Setengah Dewa' Pun Tak Bisa Selesaikan Masalah CAD

Indonesia Harus Mandiri bin Berdikari!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading