Jokowi Pede Penyakit CAD Bakal Tuntas 3-4 Tahun Lagi

Market - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
11 November 2019 21:10
Jokowi Pede Penyakit CAD Bakal Tuntas 3-4 Tahun Lagi
Jakarta, CNBC IndonesiaPresiden Joko Widodo kembali menyinggung perihal masalah defisit neraca transaksi berjalan (current account deficit/CAD) maupun defisit neraca perdagangan. Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-8 Partai Nasional Demokrat di JIExpo Convention Centre and Theatre, Jakarta, Senin (11/11/2019).

"Saya mengajak kita semua untuk bersama-sama melihat betapa berpuluh tahun kita menghadapi masalah defisit neraca transaksi berjalan, defisit neraca perdagangan, tidak bisa kita tangani secara baik," ujarnya.

Kepala negara mengaku sudah menyampaikan masalah ini kepada menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Akar permasalahan harus dilihat secara detail agar 'penyakit' CAD dan defisit neraca perdagangan bisa didiagnosa secara detail.


"Saya meyakini penyakit ini bisa kita selesaikan dalam 3-4 tahun mendatang," ujar Jokowi.



Sebelumnya, Jokowi mengingatkan bahwa situasi ekonomi global saat ini benar-benar sulit.

"Sudah bolak-balik saya sampaikan, sudah banyak negara yang masuk ke dalam posisi resesi," katanya.
Jokowi juga mengajak semua pihak agar mensyukuri realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Beberapa waktu lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang kuartal III-2019 sebesar 5,02%.

"Alhamdulillah kita masih berada di atas 5 persen. Jangan kufur nikmat, harus kita syukuri. Alhamdulillah bahwa kita mash diberi pertumbuhan di atas 5 %," kata Jokowi.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading