Anak Pendiri Grup Sinarmas Buka-bukaan Kisruh Warisan Rp737 T

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
25 September 2020 17:05
Freddy Widjaja (CNBC Indonesia/Syahrizal)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kisruh harta warisan Eka Tjipta Widjaja sang pendiri Grup Sinarmas antara Freddy Widjaja, salah satu anak dari mendiang Eka Tjipta, melawan lima saudaranya dari beda ibu (saudara tiri) Freddy hingga kini belum selesai.

Gagalnya upaya mediasi yang dilakukan Freddy Widjaja menuntut hak waris dari lima saudara tirinya berbuntut panjang. Anak dari Eka Tjipta dari istri Lidia Herawati Rusly ini pun menempuh jalur hukum.

Dia bahkan sempat menyurati beberapa pejabat tinggi negara untuk meminta keadilan.


Freddy menggugat hak waris yang diterima lima orang saudara tirinya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 16 Juni 2020.

Gugatan ini didaftarkan atas nama kuasa hukum Freddy, yakni Yasrizal dengan Nomor Perkara 301/Pdt.G/2020 di PN Jakarta Pusat. Ia satu-satunya keturunan Eka Tijpta, 28 anak dari lima orang istri, yang berani menggugat hak waris tersebut.

Sebelumnya, Freddy juga lebih dulu mengurus penetapan dirinya sebagai anak sah Eka Tjipta pada akhir Januari 2020 lalu.

Pada 3 Februari, Majelis Hakim PN Jakarta Pusat memutuskan bahwa Freddy Widjaya adalah anak Eka Tjipta dengan Lidia Herawati yang menikah pada 3 Oktober 1967 yang dilakukan secara adat/agama Budha di Jakarta, meski pernikahan tersebut tidak didaftarkan di Catatan Sipil. Keputusan ini sudah memiliki kekuatan hukum tetap.

"Akhirnya puji Tuhan Februari saya ditetapkan sebagai anak sah dari perkawinan ayah saya dengan ibu kandung saya," kata Freddy, dalam wawancara dengan CNBC Indonesia.

Lantas, apa gerangan yang menjadi pangkal gugatan ini?

Legal Opinion Tak Digubris Indra Widjaja
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading