Babak Baru Harta Bos Sinarmas Rp 737 T yang Digugat Anak Tiri

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
09 September 2020 08:10
Freddy Widjaja

Jakarta, CNBC Indonesia - Kisruh warisan dari pendiri Grup Sinarmas, mendiang Eka Tjipta Widjaja makin panas. Kini, giliran anak-anak dari Trini Dewi Lasuki, istri pertama Eka Tjipta mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) terkait dengan Putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat yang menetapkan Freddy Widjaja sebagai anak sah.

Sebagai informasi, Freddy Widjaja adalah anak dari istri Eka Tjipta lainnya, Lidia Herawati Rusly, dan tengah menggugat lima saudara tirinya dan satu orang pelaksana wasiat Eka Tjipta di PN Jakarta Selatan.

Freddy pun menunjukkan dokumen memori kasasi yang disampaikan tiga orang anak Eka Tjipta ke MA kepada CNBC Indonesia. Tiga saudara tiri yang mengajukan kasasi ke MA itu yakni Indra Widjaja, Muktar Widjaja, dan Franky Oesman Widjaja.


Surat tersebut tertanggal 5 Agustus 2020, perihal Memori Kasasi terhadap Penetapan Pengadilan Negeri Jakarta Nomor: 36/PDT.P/2020/PN.JKT.PST tanggal 3 Februari 2020 antara; Indra Widjaja sebagai Pemohon Kasasi I, Muktar Widjaja sebagai Pemohon Kasasi II dan Franky Oesman Widjaja sebagai Pemohon Kasasi III melawan Freddy Widjaja sebagai Termohon Kasasi.

"Mereka mengajukan kasasi atas penetapan PN Jakarta Pusat tentang status anak sah Freddy Widjaja. Makanya tanggal 2 September 2020, Mereka dengan sengaja tidak hadir di PN Jakarta Selatan," kata Freddy kepada CNBC Indonesia melalui pesan singkat WhatApp, Selasa kemarin (8/9/2020).

Freddy menilai, ketidakhadiran para tergugat dalam sidang pertama pekan lalu dinilai untuk mengulur waktu hingga MA membatalkan penetapan Freddy sebagai anak sah Eka Tjipta.

Pekan lalu memang sudah dijadwalkan sidang pertama gugatan Freddy terhadap saudara tirinya. Namun para tergugat tidak hadir dalam sidang tersebut.

"Karena mereka khawatir saya berhasil membatalkan Akta Wasiat Nomor 60 tahun 2008 yang menjadi pokok gugatan saya di PN Jakarta Selatan. Status saya sekarang adalah anak sah yang sama statusnya dengan para tergugat [saudara tirinya]. Jadi mereka sangat resah, tidak bisa tidur," ujar Freddy.

Nama Freddy mendadak ramai menjadi pemberitaan, setelah menggugat lima saudara tirinya. Freddy adalah salah satu keturunan dari Eka Tjipta. Freddy menceritakan, bahwa Eka Tjipta memiliki 28 anak dari lima orang istri. Freddy merupakan anak dari istri Eka Tjipta yang bernama Lidia Herawati Rusly dan sudah ditetapkan sebagai anak sah lewat putusan PN Jakarta Pusat.

Freddy telah berhasil mendaftarkan gugatan hak waris ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (12/8/2020). Gugatan tersebut bernomor 637/Pdt.G/2020/PN JKT.SEL dan jadwal sidang pertama akan dilaksanakan pada 2 September 2020.

"Satu orang adalah pelaksana wasiat almarhum tidak memiliki hubungan saudara yakni Elly Romsiah", sebut Freddy di depan PN Jakarta Selatan, Rabu (12/08/20).

Kisruh Harta Waris Ini Akankah Mediasi, atau Lanjut Terus?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading