Pria Ini Jadi Orang Terkaya China Gegara 'Kamera Jahat'

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
17 October 2019 06:30
Nama Cai Wengsheng memang tak sepopuler Jack Ma pendiri Alibaba dan Ma Huateng bos Tencent. Namun ia adalah salah satu orang terkaya China
Jakarta, CNBC Indonesia - Nama Cai Wengsheng memang tak sepopuler Jack Ma pendiri Alibaba dan Ma Huateng bos Tencent. Namun ia adalah salah satu orang terkaya China yang lahir dari booming internet di China.

Forbes melaporkan harga kekayaan Cai Wensheng mencapai US$890 juta atau setara Rp 12,46 triliun. Kekayaannya bersumber dari Meitu Xiuxiu, aplikasi kamera untuk edit foto, search engine 265.com dan menjadi angel investor bagi startup.





Cai Wensheng merupakan anak drop out (dikeluarkan dari selolah) ketika masih SMA. Dia memilih untuk berbisnis ketimbang sekolah. Pada usia 16 tahun dia sudah berbisnis jualan lipstik dan kotak kosmetik yang berkembang cukup pesat.

Pada 1999 Cai Wensheng berkenal dengan bisnis internet ketika ia membeli saham perusahaan internet Hong Kong PCCW Ltd dan menjual sahamnya tiga bulan kemudian dengan keuntungan 400%.

Dana dari keuntungan ini dipakai untuk melakukan registasi dan menjual nama domain. Ia berharap banyak orang yang membelinya. Tapi cara ini membuntung. Ia rugi besar karena tidak ada yang tertarik dan keuntungan dari menjual saham PPCW ludes.

Ia tak patah arang. Pada 2003 dia mendirikan 265.com, sebuah situs yang memuat website populer di China yang memudahkan orang untuk mengklik linknya. Alasannya sederhana, dia tidak bisa berbahasa Inggris dan kesulitan untuk mengetik nama situs china berbahasa Inggris.

Tak diduga, terobosan ini malah membuat banyak pemilik situs senang karena trafic website meningkat. Pada 2007 ia menjual situs ini pada Google dengan nilai yang tak disebutkan.



Berlanjut ke halaman 2 >>>


HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading