Ciptakan 'Kamera Jahat', Pria Ini Jadi Orang Terkaya China

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
15 October 2019 13:47

Jakarta, CNBC Indonesia - Booming internet di China telah melahirkan banyak miliuner baru di negeri tirai bambu. Salah satunya, Cai Wensheng. Namun pria yang berusia 49 tahun ini tidak meraih predikat orang terkaya di China dengan mudah.


Forbes menghitung kekayaan Cai Wensheng mencapai US$890 juta atau setara Rp 12,46 triliun (asumsi US$1 = Rp 14.000). Sumber kekayaannya berasal dari aplikasi foto selfie bernama Meitu Xiuxiu dan aplikasi search engine 265.com dan jadi angel investor beberapa startup.


Kisah perjalanan Cai Wensheng meraih sukses tidak seindah kisah Jack Ma mendirikan Alibaba atau Robin Liu pendiri Baidu. Cai Wensheng tidak menikmati pendidikan tinggi. Ia bahkan tak lulus Sekolah Menengah Atas (SMA).


Cai Wensheng drop out dari SMA ketika berusia 16 tahun. Ia memilih untuk menjual lipstik dan kotak kosmetik ketimbang sekolah. Bisnis berkembang pesat hingga memiliki mobil khusus untuk menjual barang mahal.

Cai Wensheng 'nyemplung' ke bisnis internet pada tahun 1999 ketika ia membeli saham perusahaan internet Hong Kong PCCW Ltd dan menjual sahamnya tiga bulan kemudian dengan keuntungan 400%.

Keuntungan ini membuatnya ketagihan. Dia memilih cara instan untuk sukses di internet dengan melakukan registasi dan menjual nama domain. Tapi cara ini membuntung. Ia rugi besar karena tidak ada yang tertarik.



Berlanjut ke halaman 2 >>>



HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading