Mohon Maaf! Jack Ma Bukan Orang Terkaya China Lagi

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
02 March 2021 17:12
INFOGRAFIS, Sederet Fakta, Jack Ma Hilang Bagai Ditelan Bumi

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Alibaba dan Ant Group, Jack Ma kehilangan gelar orang terkaya China dalam riset yang dilakukan Hurun, setelah berada di bawah pengawasan ketat regulator China.

Menurut daftar Orang Terkaya yang diterbitkan Hurun, Jack Ma dan keluarga menduduki posisi orang terkaya China pada 2019 dan 2020. Namun kini Jack Ma berada di urutan keempat.

Posisi teratas kini diduduki Zhong Shanshan pemilik bisnis air minum kemasan. Lalu Pony Ma pendiri Tencent, dan Collin Huang pendiri e-commerce Pinduoduo.


Terlemparnya Jack Ma dari tiga besar terjadi "setelah regulator China mengekang Ant Group dan Alibaba karena masalah anti-trust," kata laporan Hurun, mengutip Reuters, Selasa (2/3/2021).

Jack Ma dirundung masalah dipicu oleh pidatonya pada 23 Oktober yang mengecam aturan sistem keuangan China yang disebutnya menghambat investasi.

Ucapannya ini membuat penangguhan penawaran saham perdana (IPO) ant Group senilai US$37 miliar, hanya beberapa hari sebelum pencatatan saham. Setelahnya, regulator memperketat pengawasan anti monopoli di sektor teknologi dan fokus pada Alibaba. Jack Ma pun menghilang dari publik.

Dalam daftar Hurun, kekayaan Pony Ma meningkat 70% menjadi 480 miliar Yuan, sementara Collin Huang tumbuh 283% menjadi 450 miliar Yuan. Adapun kekayaan Jack Ma tumbuh 22% menjadi 360 miliar Yuan.

Zhang Yiming, pendiri TikTok ByteDance, untuk pertama kalinya masuk ke peringkat lima besar dalam daftar orang terkaya versi Hurun, diperkirakan kekayaan pribadinya mencapai US$54 miliar.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading