Saham Alibaba Sempat Anjlok, Lah Ini Dia Biang Keroknya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
05 May 2022 19:35
The logo of Alibaba Group is seen during Alibaba Group's 11.11 Singles' Day global shopping festival at the company's headquarters in Hangzhou, Zhejiang province, China, November 10, 2019. REUTERS/Aly Song

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada hari Selasa, saham Alibaba di Hong Kong anjlok 9,4%. Namun ternyata itu bukan karena perusahaan ataupun pendiri Jack Ma.

Penurunan itu terjadi setelah pemerintah China melaporkan adanya penangkapan seorang individu bermarga Ma di kota Hangzhou, markas Alibaba. Alasannya ditahan karena keamanan nasional.

Laporan satu kalimat itu ternyata dengan cepat memicu penjualan panik di Hong Kong. Bahkan membuat saham menghapus sekitar US$26 miliar dan nilai pasar Alibaba Alibaba dalam beberapa menit.


Namun mantan pemimpin redaksi tabloid nasional milik negara Global Times, Hu Xijin mengklarifikasi hal tersebut. Di Weibo, dia mengatakan laporan tersebut menyesatkan karena nama tersangka memiliki tiga karakter, namun Jack Ma punya dua karakter, dikutip CNN Internasional, Kamis (5/5/2022).

Untuk menghilangkan kekhawatiran, Global Times melaporkan pria itu lahir tahun 1985 di Wenzhou. Sedangkan Jack Ma lahir tahun 1964 di Hangzhou.

Pria bernama Ma itu juga bekerja sebagai direktur penelitian dan pengembangan hardware di sebuah perusahaan IT.

Klarifikasi itu akhirnya menyebabkan rebound. Sebagian besar kerugian Alibaba akhirnya kembali pada pengujung hari.

"Saya pikir ini semacam episode yang aneh," kata Victor Shih, selaku profesor ilmu politik University of California San Diego.

"Apakah itu seperti peringatan untuk sektor teknologi secara keseluruhan atau mungkin Jack Ma. Siapa tahu? Namun ini menjelaskan pemerintah bahkan tidak perlu menahan seorang eksekutif teknologi senior untuk menghapus puluhan miliar dolar dari sebuah penilaian pasar perusahaan. Itu hanya perlu merilis semacam informasi".


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Xi Jinping Kembali Bikin Alibaba & Tencent Cs Ketar-ketir


(npb/npb)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading