Bikin GoBank, Gojek Tiru Tencent Punya WeBank?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
03 October 2019 14:17
Bank Artos diisukan akan menjadi Bank Gojek. Langkah startup memiliki bank juga sudah ditempuh Tencent.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Atos Indonesia Tbk (ARTO) ditimpa rumor panas. Bank yang kini dikendalikan Patrick Waluyo dan Jerry Ng ini akan menjadi bank yang memproses semua transaksi Gojek dan berubah menjadi GoBank.

Patrick Walujo yang memprakarsai aksi tersebut. Patrick merupakan pemegang saham awal Gojek. Ia masuk melalui NSI Ventures, anak usaha Northstar Group pada 2014.

Startup memiliki bank untuk mengelola sistem pembayaran dalam ekosistemnya, mungkin hal yang baru di Indonesia, tetapi tidak di dunia. Di China Tencent dan Alibaba jadi startup yang memiliki bank.


Tencent bersama dengan Baiyeyuan dan Liye Group meluncurkan WeBank pada 2015 silam setelah mendapatkan lisensi bank digital dari Bank Sentral China. Bank ini tidak memiliki cabang fisik hanya berbentuk website.


WeBank mengelola semua transaksi melalui WeChat Pay, dompet digital milik Tencent. WeBank bisa menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kredit mikro bagi mereka yang belum tersentuh layanan perbankan. Saat ini valuasi WeBank telah mencapai US$21 miliar.

Alibaba memiliki bank bernama MYbank. Ini juga bank digital yang tak memiliki kantor cabang fisik. MYbank diperkenalkan pada pertengahan 2015.

MYbank mengurus semua transaksi keuangan dalam ekosistem Alibaba melalui pembayaran non tunai Alipay. MYbank pun bisa menghimpun dana dari masyarakat dan salurkan kredit mikro.

Lanjut ke halaman 2 >>> Tencent Investor Gojek (NEXT)



Tencent Investor Gojek
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading