Internasional

Ada Rekaman Pangeran Arab Perintahkan Pembungkaman Khashoggi

News - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
22 November 2018 18:42
Ada Rekaman Pangeran Arab Perintahkan Pembungkaman Khashoggi
Istanbul, CNBC Indonesia - Sebuah surat kabar Turki melaporkan, Kamis (22/11/18), Direktur CIA Gina Haspel mengisyaratkan kepada pejabat Turki bulan lalu bahwa lembaga intelijen asal Amerika Serikat (AS) itu memiliki rekaman pembicaraan telepon, di mana pangeran mahkota Arab Saudi memberikan instruksi untuk "membungkam" jurnalis Arab Jamal Khashoggi.

Ditanya tentang laporan itu, seorang pejabat Turki mengatakan kepada Reuters bahwa dia tidak memiliki informasi tentang rekaman seperti itu. Arab Saudi mengatakan Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman tidak mengetahui pembunuhan Khashoggi di konsulat Arab di Istanbul, Turki, enam minggu lalu.



"Ada pembicaraan tentang rekaman lain," kata jurnalis surat kabar Hurriyet Abdulkadir Selvi dalam sebuah artikel, Reuters melaporkan. Ia mengatakan panggilan telepon itu terjadi antara Pangeran Mohammed dan saudaranya yang merupakan duta besar Arab Saudi untuk Washington.


"Dikatakan bahwa pimpinan CIA Gina Haspel mengindikasikan hal ini selama kunjungannya ke Turki," tulisnya, sambil menambahkan bahwa mereka telah mendiskusikan Khashoggi, seorang pengkritik penguasa de facto kerajaan Arab.

"Dikatakan bahwa putra mahkota memberi perintah untuk 'membungkam Jamal Khashoggi sesegera mungkin'," dalam sebuah panggilan yang dipantau oleh agensi AS, katanya.

Khashoggi terbunuh di konsulat Arab di Istanbul pada 2 Oktober dalam aksi yang dikatakan oleh Presiden Turki Tayyip Erdogan diperintahkan oleh pimpinan tertinggi Saudi.



Setelah memberi banyak penjelasan yang kontradiktif, Riyadh mengatakan pekan lalu, Khashoggi telah terbunuh dan tubuhnya dimutilasi ketika negosiasi untuk membujuknya untuk kembali ke Arab Saudi gagal. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading