Internasional

Ini Bedanya Perjanjian Dagang NAFTA Dulu dan Sekarang

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
02 October 2018 11:58
Ada beberapa perbedaan utama antara perjanjian NAFTA lama dan baru, terutama pada bidang industri susu dan otomotif.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kesepakatan perdagangan pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang baru dengan Kanada dan Meksiko sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) yang lama. Namun, ada beberapa perbedaan utama antara kedua perjanjian itu, terutama pada bidang industri susu dan otomotif.

Perjanjian yang diperbarui itu, yang menjadi pokok pembicaraan selama lebih dari satu tahun antara ketiga negara, mencakup beberapa kompromi tingkat tinggi dari Washington dan Ottawa.



AS, misalnya, memenangkan akses yang diperluas ke pasar Kanada untuk produsen susu AS, yang sudah lama menjadi bahasan utama bagi pemerintah Trump. Sementara itu, Kanada memenangkan konsesi utama yang mempertahankan klausul proses penyelesaian sengketa.


Perjanjian yang diperbarui ini juga mencakup ketentuan utama yang mengatur industri otomotif yang akan mendorong lebih banyak produksi mobil AS dan melindungi perusahaan Kanada dan Meksiko dari ancaman Presiden Donald Trump terhadap tarif AS yang lebih luas.

Berikut sekilas ketentuan utamanya:
  • Perjanjian ini mewajibkan 75% komponen mobil dibuat di Amerika Utara, naik dari 62,5%.
  • Sekitar 40%-45% komponen mobil harus dibuat oleh buruh yang menghasilkan setidaknya US$16 per jam.
  • Dalam konsesi untuk bisnis Meksiko dan Kanada, kesepakatan itu sebagian besar membebaskan kendaraan penumpang, truk pickup, dan suku cadang mobil dari kemungkinan tarif impor pemerintahan Trump.
  • Petani AS mendapatkan sedikit lebih banyak akses ke pasar susu Kanada.
Trump telah lama mengancam akan membatalkan NAFTA, sehingga perubahan dan rebranding membuat sang presiden dapat menyebut kesepakatan itu sebagai sebuah janji yang akhirnya ia penuhi.

Presiden AS Donald TrumpFoto: CNBC Internasional
Presiden AS Donald Trump
"Selama kampanye, saya berjanji untuk menegosiasikan NAFTA, dan hari ini kami telah menepati janji itu," kata Trump pada hari Senin (1/10/2018) saat mengumumkan kesepakatan baru, dikutip dari CNBC International. Kemudian pada hari itu, ia menepis kembali gagasan bahwa kesepakatan ini hanyalah versi terbaru dari perjanjian sebelumnya.

"Ini bukan NAFTA yang dirombak. Ini adalah kesepakatan baru," kata presiden dalam konferensi pers di Gedung Putih.

Kesepakatan itu harus disetujui oleh Kongres.

Lalu, apa dampak disetujuinya perjanjian baru ini?


NEXT


Apa dampaknya?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading