Serba-Serbi Asian Games

Atlet Asian Games: Sewa Hotel Sendiri sampai Kalap Belanja

News - Arif Gunawan, CNBC Indonesia
25 August 2018 18:56
Asian Games 2018 memberikan berkah tersendiri bagi pelaku usaha nasional menyusul tingginya aktivitas belanja para pesertanya.
Jakarta, CNBC Indonesia - Perhelatan internasional yang tengah digelar di Indonesia, Asian Games 2018, memberikan berkah tersendiri bagi pelaku usaha nasional menyusul tingginya aktivitas konsumsi (belanja) para pesertanya.

Maklum saja, pesta olahraga terbesar se-benua Asia yang rutin digelar empat tahun sekali ini berlangsung di Jakarta dan Palembang selama dua pekan lebih mulai 18 Agustus-2 September 2018. Ini sesuai dnegan mandat Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Asian Games Federation (AGF).

Event olahraga yang diikuti peserta dari 45 negara ini bertanding di 40 cabang olahraga. Namun, tentu saja yang hadir tidak hanya peserta olah raga saja, melainkan juga tim pendamping tiap negara dan juga keluarga pendukung.


Kementerian Pariwisata memproyeksikan devisa yang diraup dari hajatan ini bisa mencapai Rp 3 triliun atau senilai US$230 juta. Hitungan itu berasal dari 150.000 penonton dengan asumsi rata-rata pengeluaran US$1.200 per orang, yang berujung pada angka total US$180 juta.

Angka itu termasuk devisa dari pihak tim tiap negara (official) sebanyak 20.000 yang dikali US$2.500 senilai US$50 juta. Apalagi, 5% dari penonton dan 10% dari atlet, official, serta media peliput diprediksi berkunjung ke empat destinasi wisata di Jawa Barat dan Sumatera Selatan.

Efek bergulir tersebut sejauh ini belum masuk dalam hitungan resmi pemerintah, dan baru akan terpotret setelah Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan produk domestik bruto (PDB) kuartal III-2018 pada awal Oktober nanti.

Namun, di luar hitungan di atas kertas, berikut ini serba-serbi polah-tingkah konsumsi dan belanja di kalangan pelaku atlet yang dikumpulkan oleh CNBC Indonesia dari observasi langsung dan informasi sumber di lapangan.
Tim “Raja Minyak” Pilih Sewa Hotel Sendiri
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading