Resmi! Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
19 February 2019 17:11
Resmi! Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia telah mengajukan tawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Indonesia baru-baru ini mendapatkan pujian setelah sukses menjadi tuan rumah Asian Games 2018.



Namun, untuk dapat benar-benar menjadi tuan rumah, Indonesia harus bersaing dengan India serta Korea Utara dan Selatan yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama-sama.


Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman D. Hadad telah menyerahkan surat dari Presiden Joko Widodo kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) pekan lalu.

"IOC telah mengakui kemampuan Indonesia selama (menjadi tuan rumah) Asian Games dan Asian Paragames 2018 yang berjalan sukses," kata Executive Director IOC Christophe Dubi dalam sebuah pernyataan Kedutaan Besar RI di Swiss yang diterima CNBC Indonesia, Selasa (19/2/2019).

Resmi! Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032Foto: Dubes RI Bern, Muliaman D. Hadad, menyerahkan surat asli Presiden RI kepada Presiden International Olympic Committee (IOC), Mr. Thomas Bach

"Kami rasa ini menjadi fondasi yang cukup kuat," tambahnya.

Muliaman menyampaikan bahwa aplikasi Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032 dapat menjadi kesempatan baik untuk menunjukkan kemampuan ekonomi Indonesia.

"Ini momen yang tepat untuk menunjukkan kapabilitas Indonesia sebagai negara besar. Tentu saja pengalaman Indonesia di tahun 2018 lalu patut menjadi bahan pertimbangan", ujarnya.

Jika negara terpadat di Asia Tenggara itu memenangkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas, maka Indonesia akan menjadi negara Asia keempat yang menjadi tuan rumah olimpiade, setelah Jepang, China, dan Korea Selatan.



IOC akan mengumumkan negara pemenang yang menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 pada 2025 nanti.

Tokyo akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas berikutnya pada tahun 2020, dengan Paris akan menjamu Olimpiade 2024 dan Los Angeles dikonfirmasi akan menjadi tuan rumah olimpiade empat tahun kemudian.


Saksikan video mengenai komentar turis asing terhadap penyelenggaraan Asian Games 2018.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading