Media Asing Puji Jokowi atas Kesuksesan Asian Games 2018

News - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
03 September 2018 - 15:52
Media Asing Puji Jokowi atas Kesuksesan Asian Games 2018
Jakarta, CNBC Indonesia- Dibuka dengan spektakuler ditutup dengan meriah. Asian Games 2018 yang berlangsung kondusif di Jakarta-Palembang dalam dua pekan terakhir dipuji sebagai pesta olahraga yang sukses dengan pertunjukan kelas dunia.

South China Morning Post misalnya, menulis Indonesia sebagai penyelenggara pesta olahraga Asia terbaik. Bukan cuma karena fasilitas (yang memang dirombak habis oleh pemerintah agar sesuai standar internasional), tapi juga dari energi yang disalurkan oleh semua pihak yang terlibat.




Mulai dari 11 ribu atlet dari 45 negara yang terlibat di kompetisi kali ini. Atlet yang bertanding bukanlah sembarangan, di antara yang terjun ke Asian Games adalah atlet olimpiade maupun atlet klub-klub ternama Internasional yang menunjukan dedikasi total mereka dalam mewakili negaranya.

Sebut saja atlet renang China, Sun Yang, yang berhasil meraih 4 emas sepanjang pertandingan. Ia sebenarnya tidak dijadwalkan untuk renang relay 4x100 meter, namun diminta mendadak oleh negaranya dan menyanggupinya. Tak lama, ia pun terjun ke lomba gaya bebas 1.500 meter.

Sun Yang habis-habisan buat negarnya. Begitu juga dengan bintang-bintang NBA yang terjun ke lapangan basket di Senayan. Sebut saja Zhou Qi dan Jordan Clarkson.

Jordan memohon kepada klub basketnya agar bisa ikut membela negaranya, Filipina, di Asian Games Jakarta. Atlet kelahiran, Filipina-American, Jordan Clarkson juga menunjukkan kepeduliannya. Bintang Cleveland Cavaliers tersebut memohon kepada NBA untuk mengizinkan dia mewakili Filipina di kompetisi bola basket Asian Games.

Sprinter China, Su Bingtian. Pemain sepak bola Tottenham Hotspur Son Heung-min dari Korea Selatan, juga menunjukkan kepedulian dan dedikasinya. Pemain badminton sensasional Jepang, Kento Momota, kupu-kupu Singapura Joseph Schooling, Ratu Squash Malaysia Nicol David, atlet bola voli wanita China Zhu Ting dan, tentu saja, bintang bersepeda Hong Kong Sarah Lee Wai-sze - menunjukkan mereka semua peduli dan total berjuang di Asian Games.

Berkat nama-nama besar inilah, Asian Games jadi sorotan dunia dan tak sekedar pemanasan untuk Olimpiade 2020.



"Atlet kelas dunia ini hadir dan menunjukkan kepedulian mereka untuk Asian Games dengan bertanding di nomor-nomor yang bahkan tak pernah mereka ikuti sebelumnya. Memperkuat daya tarik kompetisi yang berlangsung di Jakarta ini," tulis harian tersebut.

"Dari sudut pandang olahraga, Asian Games juga arena untuk atlet internasional dari China, Jepang, Korea dan negara lainnya untuk saling menguji kemampuan masing-masing sebelum tanding di olimpiade 2020 mendatang," lanjutnya.

Media Asing Puji Jokowi atas Kesuksesan Asian Games 2018Foto: Infografis/BONUS PARA JAWARA ASIAN GAMES/Aristya rahadian krisabella


Upacara pembukaan juga turut dipuji oleh harian ternama China ini, digelar pada 18 Agustus malam lalu dinilai sangat inspiratif dan membuat standar baru yang bisa jadi tantangan tersendiri untuk tuan rumah selanjutnya.

"Jakarta telah mengangkat standar dalam cara membuka permainan utama. Tokyo dan Hangzhou, dalam empat tahun, akan perlu menguras otak dan pikiran kreatif serta artistik kelas dunia jika mereka ingin mengalahkan Asian Games Jakarta 2018," tulisnya.

Tak cuma media di tingkat Asia, media luar lainnya seperti The New York Times juga memuji pagelaran Asian Games kali ini. New York Times menyebut atlet yang bertanding di Asian Games ini mencuri perhatian dan sangat dinantikan aksinya di Olimpiade 2020 mendatang.

Perenang Rikako Ikee dari Jepang misalnya, berhasil menjadi MVP di Asian Games dengan menyabet 6 medali dan disiapkan oleh negaranya untuk merebut medali emas di nomor serupa, olimpiade mendatang.

Meski China, Jepang, dan Korea sudah diprediksi akan mengumpulkan emas terbanyak di ajang ini. Tapi, yang membuat mereka salut adalah performa Indonesia. "Mencetak prestasi terbaiknya dengan menjadi empat besar," tulisnya.

Kepala Dewan Olimpiade Asia, Sheikh Ahmad al-Fahad al-Sabah dari Kuwait mendapatkan tepukan meriah ketika dia mengatakan kepada penonton di stadion yang penuh dengan pengunjung: "Terima kasih Jakarta, terima kasih Palembang. Anda berhasil."

Hal yang membuat media asing terkejut adalah pernyataan Presiden Joko Widodo di acara penutupan semalam. Sukses di Asian Games 2018, Jokowi menyatakan siap untuk mengikuti lelang menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading