Perhatian, Ada Perluasan Ganjil-Genap & Tutup Tol di Jakarta

News - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
25 June 2018 10:20
Perhatian, Ada Perluasan Ganjil-Genap & Tutup Tol di Jakarta
Jakarta, CNBC Indonesia - Paket kebijakan transportasi guna mendukung Asian Games 2018 siap diuji coba di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono, dalam keterangan resmi dikutip Senin (25/6/2018), mengatakan paket kebijakan ini untuk memenuhi syarat dari penyelenggara Asian Games 2018 yakni waktu tempuh dari wisma atlet ke venue dan dari venue ke venue maksimal harus 30 menit, seamentara itu di sisi lain kondisi kemacetan di Jakarta sangat parah.

Adapun kebijakan-kebijakan itu adalah manajeman rekayasa lalu lintas melalui perluasan peraturan ganjil-genap, penyediaan angkutan umum dan pembatasan operasional angkutan barang golongan III, IV dan V.


Uji coba paket kebijakan rekayasa lalu lintas (perluasan ganjil genap dan penyediaan angkutan umum) mulai berlaku 2 Juli 2018, sementara itu pembatasan angkutan barang akan diinformasikan selanjutnya.


Terkait penetapan ganjil-genap, saat ini berlaku di:

1. Jalan MH. Thamrin
2. Jalan Sudirman
3. Jalan Gatot Subroto


Kemudian mulai 2 Juli 2018 dalam rangka uji coba diperluas ke:
  1. Jalan Benyamin Sueb
  2. Jalam Ahmad Yani
  3. Jalan DI Panjaitan
  4. Jalan S. Parman
  5. Jalan Rasuna Said
  6. Jalan MT Haryono
  7. Jalan Metro Pondok Indah
Kebijakan ganjil genap ini diperuntukkan bagi kendaraan pribadi dan berlaku setiap hari Senin-Minggu pukul 06.00-21.00 WIB.


Perluasan juga diberlakukan pada kebijakan ganjil-genap di Pintu Tol yaitu penambahan di:
  1. Pintu Tol Tambun, semula hanya Bekasi Barat dan Bekasi Timur (Jalan Tol Jakarta Cikampek).
  2. Penambahan di Pintu Tol Dawuan dari semula hanya Pintu Tol Cibubur (Jalan Tol Jagorawi).
Di samping perluasan peraturan ganjil-genap, akan dilakukan juga buka-tutup gerbang tol prioritas:

1. Pada pukul 06.00 - 17.00 WIB dan 12.00 - 21.00 WIB, yang menuju ke Wisma Atlet Kemayoran, Gelora Bung Karno, Velodrome Rawamangun dan Cibubur setiap hari.

2. Pintu tol akan ditutup di gerbang terpadat apabila kecepatan kurang dari 40 km/jam, antrian mencapai 200 meter, V/C ratio lebih dari 1 dan jarak antargerbang tol berdekatan. 

3. Di jalan tol juga akan disediakan lajur khusus bagi kendaraan pengangkut atlet dan angkutan umum bus di Tol Dalam Kota, Tol Pelabuhan, Tol Wiyoto Wiyono dan Tol Jagorawi.


Terkait dengan penyediaan angkutan umum:

1. Armada bus Transjakarta akan ditambah khususnya yang mengarah ke venue pertandingan. Jumlah bus akan ditambah sebanyak 76 unit, dari eksisting 294 unit.

Adapun untuk pembatasan truk saat ini di ruas tol Cawang-Tomang-Pluti dan Tomang-Kembangan pada pukul 22.00-05.00 WIB, khusus pada Asian Games akan diperluas ke Tol Tanjung Priok, Tol Cawang-TMII dan Cawang-Cikunir.



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading