Piala Dunia 2018

Piala Dunia Usai, Harga Pemain-Pemain Ini Langsung Meroket

News - Raditya Hanung Prakoswa, CNBC Indonesia 18 July 2018 08:45
Jakarta, CNBC Indonesia - Piala Dunia 2018 Rusia sudah resmi ditutup pada hari Senin (16/07/2018) dini hari WIB, dengan memunculkan nama tim nasional Prancis sebagai juara dunia. Tim asuhan Didier Deschamps tersebut sukses menggulung sang kuda hitam Kroasia di babak final dengan skor 4-2.

Tidak hanya menjadi wahana pertempuran tim nasional terbaik di planet bumi, Piala Dunia juga menjadi ajang 'jual diri' bagi pemain-pemain sepakbola top dunia. Di salah satu festival olah raga terbesar di dunia ini, berbagai klub mengutus perwakilan untuk memantau perkembangan pemain incaran mereka.

Jika dirunut ke belakang, para pemain yang muncul ke permukaan di setiap Piala Dunia kemudian dibanderol dengan harga mahal. Misalnya James Rodriguez. Gelandang kreatif asal Kolombia ini begitu mentereng di Piala Dunia 2014. Kala itu, James meraih sepatu emas (penghargaan untuk pencetak gol terbanyak di Piala Dunia) dengan catatan enam gol.


Usai Piala Dunia, James hijrah dari Monaco (Prancis) ke Real Madrid (Spanyol) dengan mahar yang dikabarkan mencapai 67,5 juta poundsterling (Rp1,28 triliun dengan kurs saat ini). Harga James melambung dibandingkan saat Monaco memboyongnya dari Porto (Portugal) dengan biaya transfer sekitar 40,5 juta poundsterling (Rp 770,58 miliar).

Lalu, bagaimana dengan Piala Dunia 2018?

Sejauh ini, transfer besar yang melibatkan alumnus Piala Dunia Rusia barulah Cristiano Ronaldo (Portugal) dan Thomas Lemar (Prancis). Ronaldo diboyong Juventus dari Real Madrid, dengan nilai transfer mencapai 105,3 juta poundsterling (Rp2 triliun). Sementara, Lemar dibeli Atletico Madrid seharga 63 juta poundsterling (Rp1,2 triliun).

Namun, sejatinya kedua pemain tersebut bukan termasuk atlet yang mencuri perhatian di Rusia. Meski tampil trengginas dengan mencetak hattrick di laga perdana versus Spanyol, namun Portugal harus tersingkir di babak 16 besar pasca-dilibas Uruguay dengan dua gol tanpa balas. Ronaldo pun kehilangan kesempatan untuk unjuk gigi lebih banyak.

Catatan Lemar bahkan bisa dibilang lebih buruk. Meski tim Ayam Jantan mampu menggondol pulang Piala Dunia 2018, namun Lemar hanya menjadi penghangat bangku cadangan timnas Prancis. Tercatat, pria berusia 22 tahun itu hanya tampil sebanyak satu kali pada pertandingan melawan Denmark di babak penyisihan grup C.

Hingga saat ini, pemain-pemain yang bersinar di Piala Dunia 2018, khususnya dari empat tim yang berlaga di semifinal, seperti Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Benjamin Pavard, Lucas Hernandez, Ivan Perisic, Luka Modric, Danijel Subasic, Eden Hazard, hingga Harry Kane, belum laku dibeli.

Namun, tidak laku bukan berarti tidak diapresiasi pasar.

Mengutip data dari transfermarkt, nilai pasar sejumlah pemain yang berlaga di semi-final Piala Dunia 2018 ternyata bertambah mahal. Siapa saja mereka? Berikut hasil penelitian tim riset CNBC Indonesia.


(prm)
1 dari 5 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading