Piala Dunia 2018

Tampil Apik di Rusia, Harga Pemain-pemain Ini Naik

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
20 June 2018 11:09
Piala Dunia 2018 telah berlangsung hampir sepekan. Gelaran ini berhasil 'harga' sejumlah pemain yang tampil apik.
Jakarta, CNBC Indonesia - Piala Dunia 2018 telah berlangsung hampir sepekan. Gelaran ini berhasil 'harga' sejumlah pemain yang tampil apik. 

Menariknya, pemain-pemain besar justru kurang (atau belum, siapa yang tahu) bersinar di Rusia 2018. Misalnya Neymar Jr, bintang andalan tim nasional Brasil. 

Pada pertandingan perdana melawan Swiss, Brasil hanya mampu bermain imbang 1-1. Neymar pun gagal mencetak gol. 


Menurut penilaian Four Four Two, rata-rata nilai pemain Brasil dalam pertandingan tersebut hanya 5,32. Neymar memang berada di atas rata-rata dengan nilai 6, tetapi lebih rendah ketimbang nilai yang diraih Phillipe Coutinho yaitu 7. Coutinho menjadi pemain Brasil terbaik dalam laga itu. 


Akibatnya, Neymar gagal menaikkan nilai jualnya. Mengutip Transfermarkt, nilai pasar Neymar saat ini adalah 180 juta euro (Rp 2,94 triliun). Tidak berubah dibandingkan awal tahun ini. Penampilan Neymar di Rusia belum bisa mendongrak harga jualnya. 

Namun bagi pemain-pemain yang tampil apik, ganjarannya pun setimpal. Valuasi mereka naik, dan bisa menjadi rebutan klub-klub besar usai Piala Dunia. 

Contohnya Romelu Lukaku. Penyerang Belgia ini berhasil menyarangkan dua gol kala timnya menang 3-0 atas Panama. Nilai pasar Lukaku pun naik.

Pada awal tahun, striker Manchester United ini bernilai 85 juta euro (Rp 1,39 triliun). Namun penampilannya di Rusia membuat nilai pasar Lukaku naik menjadi 90 juta euro (Rp 1,47 triliun).
 


Tidak hanya pemain-pemain yang memang sudah top, pemain yang agak kurang terdengar pun bisa memanfaatkan Piala Dunia sebagai ajang promosi. Ambil contoh Aleksandr Golovin, gelandang serang tim nasional Rusia.

Dalam pertandingan perdana melawan Arab Saudi, pemain CSKA Moscow ini mencetak satu dari lima gol kemenangan Tim Beruang Merah. Melawan Mesir tadi malam, Golovin juga tampil ciamik.
 

Akibatnya, valuasi pasar pemuda 22 tahun ini naik. Pada akhir 2017, Transfermarkt menaksir jasa Golovin bernilai 10 juta euro (Rp 163,35 miliar). Namun saat ini nilainya naik menjadi 18 juta euro (Rp 294,02 miliar).  

Juventus (Italia) dan Arsenal (Inggris) dikabarkan tengah memantau perkembangan Golovin. Dengan performa yang solid sejauh ini, klub-klub tersebut tentu semakin bernafsu mengamankan tanda tangan Golovin.

Jangan lupa ada nama Hirving Lozano. Wonderkid Meksiko ini mencetak gol tunggal kemenangan Tim Sombrero atas juara bertahan Jerman.

Pada awal tahun, penyerang PSV Eindhoven (Belanda) ini punya valuasi pasar 22 juta euro atau sekitar Rp 359,07 miliar. Sekarang, valuasi Lozano naik menjadi 25 juta euro (Rp 408,03 miliar).

Piala Dunia 2018 baru seperempat jalan. Menarik untuk melihat sejauh mana gelaran ini mampu menjadi alat promosi para pemain untuk menaikkan nilai jualnya.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading