Piala Dunia 2018

Pulangkan Spanyol, Pemain-pemain Rusia Diapresiasi Pasar

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
02 July 2018 12:07
Tim Beruang Merah menyingkirkan Tim Matador melalui adu penalti setelah bermain seri 1-1 pada waktu normal plus perpanjangan waktu.
Contoh lainnya adalah Alexandr Golovin. Oleh BBC, gelandang itu diberi ponten 6,79. Terbaik ketiga di bawah Afinfeev dan Dzyuba.

Pemain CSKA Moskow ini baru berusia 22 tahun, masa depannya masih panjang. Namun, Golovin sudah membuat Piala Dunia 2018 menjadi ajang promosi yang paten.

Menjadi pemain kunci di tim nasional, Golovin tidak pernah mengecewakan. Pemandu bakat pun menjadikan Golovin sebagai salah satu pemain incaran.


Pasar pun memberikan apresiasi. Transfermarkt menilai valuasi pasar Golovin saat ini berada di 16,2 juta poundsterling (Rp 306,49 miliar). Naik pesat 80% dibandingkan posisi akhir tahun lalu.


Pemain berjuluk Iniesta dari Rusia ini diminati oleh berbagai klub besar Eropa. Setelah Arsenal dan Juventus, kini Chelsea ikut masuk dalam perburuan tanda tangan Golovin. Meski valuasi pasarnya di 16,2 juta poundsterling, tetapi CSKA dikabarnya hanya menerima tawaran minimal 22 juta poundsterling (Rp 416,29 miliar).

Selamat buat Rusia karena dalam beberapa hari ke depan bisa lega dan menikmati kemenangan atas Spanyol. Namun, jangan terlalu lama larut dalam euforia karena Kroasia sudah menanti.

Jika Rusia bisa melangkah lebih jauh, bukan tidak mungkin valuasi pemain-pemain mereka terus meningkat. Namun, jika Kroasia bisa menghentikan Rusia, jangan heran jika harga pemain-pemain Rusia terkoreksi.

Harga pemain sepakbola layaknya saham. Kala kinerjanya bagus, maka investor akan mengapresiasi sehingga nilainya naik. Demikian juga sebaliknya. Ini pasar bebas, kamerad.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/prm)
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading