Piala Dunia, Ajang 'Jual Diri' Mencari Nama

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
07 June 2018 12:37
Jakarta, CNBC Indonesia - Piala Dunia adalah ajang 'jual diri' bagi pemain-pemain sepakbola dunia. Di ajang empat tahunan ini, berbagai klub mengutus perwakilan untuk memantau perkembangan pemain incaran mereka. 

Tidak terkecuali di Piala Dunia 2018. Tengah bulan ini, pemain-pemain top dunia akan unjuk gigi untuk menaikkan 'harga' mereka. Jika dirunut ke belakang, para pemain yang muncul ke permukaan di setiap Piala Dunia kemudian dibanderol dengan harga mahal.  

Misalnya James Rodriguez. Gelandang kreatif asal Kolombia ini begitu mentereng di Piala Dunia 2014. Kala itu, James meraih sepatu emas dengan catatan enam gol. 


Usai Piala Dunia, James hijrah dari Monaco (Prancis) ke Real Madrid (Spanyol) dengan mahar yang dikabarkan mencapai 63 juta euro (Rp 1,03 triliun dengan kurs saat ini). Harga James melambung dibandingkan saat Monaco memboyongnya dari Porto (Portugal) dengan biaya transfer sekitar 45 juta euro (Rp 736,98 miliar). 

Kemudian ada nama Mesut Oezil. Playmaker ulung berpaspor Jerman ini bersinar pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Berkat aksinya yang menawan, Oezil masuk nominasi Golden Ball, yang akhirnya dimenangi oleh Diego Forlan. 

Namun, performa ciamik Oezil sudah cukup untuk membuat Real Madrid jatuh hati. Klub ibu kota Spanyol itu berhasil mendaratkan Oezil ke Santiago Bernabeu dengan biaya yang relatif murah, yaitu sekitar 15 juta euro (Rp 245,57 miliar) dari Werder Bremen. Namun, harga ini sudah naik tiga kali lipat dibandingkan kala Bremen mendatangkan Oezil dari Schalke 04. 

Untuk Piala Dunia 2018, para pemandu bakat dari klub-klub top mungkin bisa memantau beberapa nama. Namun perlu diingat, bila pemain-pemain ini tampil memukau di Rusia, maka harganya akan melambung. 

CIES Football Observatory, lembaga riset yang bergerak di sepakbola, kemarin merilis nama-nama pemain degan valuasi termahal. Nama-nama ini menjadi menarik, karena harga mereka bisa lebih mahal lagi ketika tampil moncer di Piala Dunia 2018. 

Berikut adalah sejumlah pemain yang bisa mencuri perhatian dan mungkin memecahkan rekor transfer dunia yang saat ini dipegang oleh Neymar Jr kala pindah dari Barcelona (Spanyol) ke Paris St Germain (Prancis).


Harry Kane Berpotensi Jadi Pemain Termahal Dunia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading