Internasional

Ungguli Nike, Adidas Sponsori 12 Tim di Piala Dunia Rusia

News - Roy Franedya, CNBC Indonesia
02 June 2018 18:45
Pada Piala Dunia Rusia Adidas mensponsori 12 tim dari 32 kontestan sementara Nike mensponsori 10 tim.
Jakarta, CNBC Indonesia - Adidas bisa menyatakan diri sebagai pemenang atas rivalnya Nike dalam Piala Dunia di Rusia bahkan sebelum pertandingan pertama (kicks off) berlangsung. Alasannya, Adidas berhasil menjadi sponsor resmi turnamen sepakbola ini dan mensponsori lebih banyak tim ketimbang Nike.

Meski begitu produsen apparel sepak bola asal Jerman ini hanya mengharapkan dampak keuangan yang terbatas pada Piala Dunia Rusia karena ekonomi sedang lesu.

"Piala Dunia di Rusia memang membawa peluang keuangan lebih rendah daripada peristiwa serupa empat tahun lalu di Brasil," kata Chief Executive Adidas Kasper Rorsted awal bulan ini.


"Pada saat yang sama, kami menantikannya. Ini akan menjadi cara luar biasa untuk menghadirkan merek kami ke dunia secara global, "tambah Rorsted.

Sejak turnamen terakhir pada tahun 2014, Adidas telah meningkatkan penjualan dengan cepat di luar sepak bola, memanfaatkan permintaan yang meningkat untuk sepatu basket retro dan sepatu lari Boost untuk melampaui Nike, terutama di pasar AS.

Namun demikian, sepak bola tetap penting untuk citra merek Jerman, yang telah memasok bola pertandingan Piala Dunia sejak tahun 1970 dan memiliki kesepakatan untuk mensponsori acara hingga 2030.

Adidas juga mengumumkan minggu lalu akan memperpanjang kemitraan dengan Liga Champions UEFA hingga 2021.

Pada Piala Dunia 2014 silam Nike berhasil mengalahkan Adidas sebagai perusahaan apperal sepak bola yang paling banyak mensponsori pesertanya. Namun untuk piala dunia Rusia, Adidas akan mensponsori 12 tim dari 32 tim yang berpartisipasi. Adapun Nike mensponsori 10 tim termasuk Brasil, Prancis, dan Inggris.

"Piala Dunia adalah momen yang sangat kuat dalam olahraga, dan kami berharap dapat memperkuat energinya," kata Chief Executive Nike Mark Parker pada bulan Maret.

Tidak ada Orang Iran yang memakai Nike
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading