Studi: Wanita Kekinian Pilih Beli Sneakers Dibanding Heels

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
21 May 2018 14:49
Studi: Wanita Kekinian Pilih Beli Sneakers Dibanding Heels
Jakarta, CNBC Indonesia - Wanita tidak bisa jauh dari high heels. Namun faktanya wanita kekinian lebih suka beli sneakers dibandingkan sepatu hak tinggi. Hal tersebut terungkap dari data yang diberikan NPD Group.

Berdasarkan data dari NPD Group's Retail Tracking Service, tren penjualan sepatu wanita berubah di 2017. Penjualan sneakers wanita meningkat 37% di seluruh Amerika Serikat pada 2017. Sementara peningkatan penjualan high heels hanya sekitar 11% pada periode waktu yang sama.

Angka tersebut menunjukkan kalau wanita kekinian lebih mencari sneakers daripada high heels. Tren yang terjadi memperlihatkan kalau konsumen menginginkan kenyamanan dan bisa sebagai opsi untuk ke segala acara.


"Sneakers menjadi kebutuhan dasar customer karena nyaman dan semua orang sangat sibuk serta memiliki aktivitas padat. Brand fokus pada kenyamanan karena hal itu yang dicari wanita dari segala usia," ujar Beth Goldstein selaku direktur eksekutif dan analis industri alas kaki serta aksesori dari NPD.

Dikutip dari CNBC international, tren peningkatan penjualan sneakers khususnya di AS diprediksi akan terus berlanjut. Sneakers dengan harga dua digit juga akan mengalami peningkatan beberapa tahun ke depan karena telah menjadi pilihan gaya hidup.

Goldstein turut mengatakan bahwa sepatu hak tinggi dengan tumit lebih dari tiga inci mengalami penurunan penjualan. Konsumen cenderung mencari high heels dengan hak yang tidak terlalu tinggi.

Meski demikian, persediaan koleksi sepatu hak tinggi meningkat 28% di 2017 dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan stok tersebut terjadi karena melihat banyak permintaan walaupun tren penjualannya turun.

"Saya kira itu bukan karena mereka tidak suka dengan high heels tapi banyaknya alternatif. Wanita masih memakai sepatu hak tinggi untuk acara yang glamour," ujar Gerald Storch selaku CEO Storch Advisors.

Di antara merek sneakers wanita, Adidas dan Nike paling diminati menurut NPD. Di samping itu, sneakers kolaborasi dengan selebriti seperti rapper Kanye West, Stella McCartney, hingga Rihanna juga sangat laris di pasaran.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading