8 Cara Menghilangkan Bau Ketiak dan Mencegahnya Datang Lagi

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
22 December 2021 18:04
Ilustrasi Wanita (Photo by Valerie Elash on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bau ketiak yang tidak sedap bisa menyebabkan kepercayaan diri memudar dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, ketahui cara menghilangkan bau ketiak agar membuat tidak membuat Anda dan orang-orang sekitar risau.

Cara menghilangkan bau ketiak memang menjadi salah satu topik yang sering kali ditanyakan apalagi bagi anak-anak muda yang baru memasuki masa pubertas. Masa ini lah biasanya bau badan tak sedap mulai muncul.

Penyebab Bau Badan atau Bau Ketiak

Bau ketiak yang tidak sedap terjadi akibat adanya perpaduan antara bakteri pada kulit ketiak dan keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada ketiak ketika tubuh sedang berkeringat atau kepanasan.

Perlu diketahui bahwa keringat yang dihasilkan di ketiak lebih banyak mengandung protein dan lemak. Kandungan tersebut yang membedakan bau ketiak dengan bau keringat biasa pada area tubuh lainnya.

Kandungan lemak dan protein yang dihasilkan oleh kelenjar keringat apokrin akan dipecah oleh bakteri sekitar ketiak dan menghasilkan bau ketiak yang tidak sedap.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Tak Sedap

Adanya bau ketiak yang tak sedap mungkin membuat Anda merasa tidak percaya diri. Namun, tidak perlu terlalu khawatir jika masalah bau ketiak sering dihadapi. Karena ada banyak cara menghilangkan bau ketiak yang bisa Anda lakukan seperti di bawah ini.

1. Memakai Deodoran atau Antiperspiran

Cara menghilangkan bau ketiak tak sedap yang paling sederhana adalah dengan menggunakan deodoran dan antiperspiran. Deodoran beraroma akan menutupi bau tak sedap pada ketiak. Deodoran juga bisa membuat kulit di sekitar ketiak menjadi lebih asam sehingga mencegah adanya reaksi antara bakteri dan keringat.

Selain itu, Anda bisa menggunakan antiperspiran yang mengandung bahan aktif seperti aluminium klorida atau aluminium zirconium tetrachlorohydrex. Antiperspiran akan bekerja dengan cara memblokir kelenjar apokrin yang bertugas memproduksi keringat.

Sehingga, dengan menggunakan antiperspiran, jumlah keringat pada ketiak akan lebih sedikit dan bau ketiak pun akan berkurang. Sekarang ini sudah banyak produk yang menjual gabungan antara deodoran dan antiperspiran. Beberapa produk tersebut juga mencegah kulit ketiak menjadi hitam.

2. Menjaga Kebersihan Tubuh

Penyebab bau badan dan bau ketiak yang tidak sedap salah satunya adalah karena tidak menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Akibatnya, akan banyak bakteri yang menempel dan sel kulit mati yang menumpuk.

Cara menghilangkan bau ketiak yang tidak sedap selanjutnya adalah dengan memperhatikan kebersihan tubuh. Biasakan untuk mandi dua kali sehari menggunakan sabun dan gosok kulit hingga bersih.

Saat selesai mandi, keringkan terlebih dahulu tubuh secara menyeluruh untuk mencegah kulit lembab sehingga menyebabkan bakteri berkembang biak dengan begitu cepat.

3. Scrub Ketiak Secara Rutin

Penumpukkan kulit mati pada ketiak juga bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri yang menimbulkan bau tak sedap pada ketiak. Oleh sebab itu, rajin mengangkat sel kulit mati dengan menggunakan scrub bisa sangat efektif untuk mengurangi bau tak sedap pada ketiak.

Sudah banyak produk scrub badan yang bisa Anda temui di pasaran. Scrub ketiak secara lembut agar tidak terjadi iritasi.

4. Bersihkan Bulu Ketiak Secara Teratur

Untuk menghilangkan bau tak sedap pada ketiak, Anda bisa mencukur atau mencabut bulu ketiak secara teratur. Hal ini bisa mengurangi risiko munculnya bau tidak sedap pada ketiak. Perlu Anda ketahui bahwa bulu ketiak bisa menahan penguapan keringat, sehingga menyebabkan ketiak lebih lembab dan membuat bakteri berkembang lebih cepat.

Jadi, cara menghilangkan bau ketiak dengan mencukur atau mencabut bulu yang ada di sekitar ketiak cukup efektif untuk meminimalisir bau tak sedap. Hal tersebut juga dikatakan pada sebuah studi dari Journal of Cosmetic Dermatology.

5. Gunakan Pakaian Yang Menyerap Keringat

Agar bau tidak sedap pada ketiak pudar dan hilang, pastikan Anda memilih bahan pakaian yang tepat juga mencuci baju dengan bersih. Anda bisa menambahkan pewangi pakaian dan menjemurnya di bawah sinar matahari agar bakteri mati.

Jika Anda adalah orang yang mudah berkeringat, pilihlah bahan pakaian yang terbuat dari serat alami seperti katun dan linen. Bahan pakaian yang terbuat dari katun memungkinkan kulit dapat bernapas dan menyerap keringat lebih baik dibandingkan dengan pakaian berbahan polyester atau wol.

Kenakan pakaian yang longgar dan meyerap keringat dengan mudah. Selain itu, Anda bisa segera mengganti pakaian jika pakaian yang digunakan telah basah oleh keringat. Karena baju basah akan menyebabkan kulit lembab dan bakteri semakin mudah bertumbuh.

6. Jaga Pola Makan

Cara selanjutnya adalah dengan mengurangi atau membatasi makanan yang bisa menyebabkan bau badan seperti makanan pedas dan beraroma tajam seperti bawang, makanan panas, kari dan minuman beralkohol.

Dengan menjaga pola makan dan menghindari makanan-makanan penyebab bau badan, bisa menjadi cara menghilangkan bau ketiak yang sangat efektif.

7. Hindari Mengonsumsi Obat Tertentu

Ada beberapa orang yang memproduksi keringat lebih banyak dari kondisi biasanya yang dikenal dengan hiperhidrosis. Hal ini menyebabkan ketiak menjadi bau, biasanya karena penggunaan obat tertentu seperti obat hipertensi dan antidepresan.

Jika Anda merasa bau ketiak sangat mengganggu, minta dokter Anda untuk meresepkan obat lain yang tidak memiliki efek samping meningkatkan produksi keringat. Silahkan bicarakan keluhan Anda secara langsung dengan dokter agar mereka bisa meresepkan obat sesuai dengan kondisi Anda.

8. Memeriksakan Diri Ke Dokter

Apabila berbagai cara telah dicoba dan ketiak masih mengeluarkan bau tidak sedap, sebaiknya Anda memberanikan diri untuk memeriksakan kondisi Anda ke dokter. Bau badan atau bau ketiak yang susah hilang bisa jadi kemungkinan besar berkaitan dengan kondisi medis tertentu.

Agar Anda mendapatkan proteksi yang tepat, sebaiknya Anda mendapatkan penanganan langsung dari dokter. Ada satu penanganan medis yang dianjurkan untuk mengurangi produksi keringat berlebih yaitu suntik botulinum toxin atau Botox.

Cara ini merupakan cara terakhir jika cara rumahan sehari-hari tidak lagi mempan untuk mengurangi bau ketiak pada tubuh. Silahkan hubungi dokter terlebih dahulu untuk menentukan kondisi Anda.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau badan yang bisa Anda lakukan dengan mudah sehari-hari. Mulai lah dengan cara alami dan jika masih membandel, silahkan konsultasikan secara medis. Kunci utamanya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dan menjalani gaya hidup yang sehat.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Penting! 7 Kebiasaan Ini Hasilkan Payudara yang Sehat


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading