Mampukah Modric Cs Menyamai Prestasi Boban Cs?

News - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
01 July 2018 20:10
Kala itu, Jerman yang menyandang gelar Juara Piala Eropa 1996 dibantai 3-0 oleh Kroasia.
Jakarta, CNBC Indonesia - Dua puluh tahun lalu, pada saat pagelaran piala Dunia 1998 di Perancis, sebagian dari anda dari generasi X ke bawah mungkin masih ingat pertandingan antara Jerman versus Kroasia di perempat final. Kala itu, Jerman yang menyandang gelar Juara Piala Eropa 1996 dibantai 0-3 oleh Kroasia.

Para penikmat bola yang ada di stadion Stade de Gerland, Lyon dibuat tercengang-cengang oleh Kroasia, negara yang jumlah penduduknya hanya 4 juta jiwa. Gawang Andreas Kopke bergantian dibobol oleh Robert Jarni, Goran Vlaovic dan Davor Suker.

Ada yang menyebut, tim Kroasia 1998 generasi emas dari negara pecahan Yugoslavia tersebut. Selain tiga nama yang mencetak gol, Tim Nasional Kroasia waktu itu juga diisi nama-nama seperti Zvonimir Boban, Slaven Bilic, Igor Stimac, Dario Simic, Maria Stanic, Robert Prosinecki dan sejumlah nama lainnya.


Sayangnya, langkah Timnas Kroasia terhenti setelah dikalahkan tuan rumah Perancis di semifinal, yang kemudian menjadi juara dunia. Bagi Kroasia, itu adalah prestasi terbaik yang pernah dicatatkan di kancah Piala Dunia.

Nah, malam ini dini hari nanti Kroasia akan berhadapan dengan Denmark setelah lolos dari fase grup dengan nilai sempurna. Bahkan Argentina sempat dilumat dengan skor 3-0.

Timnas Denmark sendiri bukanlah tim yang sembarangan. Lolos dari grup C setelah sekali menang dan dua kali seri, punya materi pemain yang juga cukup mumpuni.

Dari materi pemain yang dimiliki kedua tim, mungkin Kroasia boleh sedikit berbangga karena memiliki pemain-pemain yang bermain di klub-klub besar Eropa. Ada Luca Modric yang bermain di Real Madrid, Ivan Rakitic yang bermain di Barcelona, Dejan Lovren yang bermain di Liverpool, dan Mario Mandzukic yang bermain untuk Juventus.

Nah, dengan materi yang mumpuni tersebut, seharusnya Kroasia bisa mengulang prestasi generasi emas 1998 atau malah bisa melampaui. Mari kita saksikan pertandingannya nanti malam di Stadion Novgorod.
(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading