Piala Dunia 2018

Piala Dunia Hampir Usai, Bursa Transfer Mulai Panas

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
13 July 2018 13:59
Jelang berakhirnya Piala Dunia 2018, bukan berarti dunia persepakbolaan jadi tidak seru.
Jakarta, CNBC Indonesia - Jelang berakhirnya Piala Dunia 2018, bukan berarti dunia persepakbolaan jadi tidak seru. Justru bagi sebagian orang selesainya Piala Dunia membuka tirai periode yang mungkin lebih seru, yaitu jendela transfer musim panas (summer transfer window). 

Transfer musim panas biasanya lebih ramai dan melibatkan lebih banyak uang dibandingkan transfer musim dingin pada awal tahun. Tahun ini, meski kemungkinannya kecil, bisa saja tercipta rekor transfer baru melewati Neymar Jr saat pindah dari Barcelona (Spanyol) ke Paris St Germain (Prancis) senilai 222 juta euro atau sekitar Rp 3,72 triliun dengan kurs sekarang. 

Juga bukan tidak mungkin rekor ini melibatkan pemain yang sama, karena Neymar pun kabarnya diminati Real Madrid (Spanyol). Indikasi itu semakin terlihat kala El Real melepas Cristiano Ronaldo ke Juventus (Italia) dengan mahar 100 juta euro atau sekira Rp 1,67 triliun. Bisa jadi Santiago Bernabeu sedang menyiapkan tempat buat megabintang baru, dan bukan tidak mungkin Neymar orangnya. 


Ya, Ronaldo jadi pusat perhatian di bursa transfer sejauh ini. Si Nyonya Tua rela memecahkan rekor transfer termahalnya demi sang kapten tim nasional Portugal. Kebetulan Portugal sudah tersingkir agak awal di Piala Dunia 2018, hanya sampai 16 besar, sehingga CR7 bisa segera merampungkan urusan pindah kantor. 

Transfer Ronaldo dari ibukota Spanyol ke Turin menjadi yang termahal di bursa musim panas sejauh ini. Jendela masih terbuka lebar sehingga kemungkinan keterlibatan uang yang lebih banyak cukup besar. 

Setelah adem ayem, kini klub-klub La Liga Spanyol mulai melakukan perburuan. Jika Madrid kehilangan pemain bintangnya, maka Barcelona mendapatkan pemain bintang baru, yaitu Arthur. Pemuda 21 tahun asal Brasil ini didatangkan dari Gremio (Brasil) dengan biaya 31 juta euro (Rp 519,13 miliar). 

Demi Arthur, Barcelona harus melepas Paulinho 'pulang' ke Guangzhou Evergrade (China) dengan status pinjaman. Guangzhou Evergrande punya opsi mempermanenkan Paulinho dengan biaya 50 juta euro (Rp 837,33 miilar).  

Kepergian Paulinho adalah untuk memberi tempat bagi Arthur, karena peraturan di La Liga mewajibkan setiap klub hanya boleh punya maksimal tiga pemain non Uni Eropa. Barcelona sudah punya Yerry Minna (Kolombia) dan Philippe Coutinho (Brasil), satu tempat lagi disediakan buat Arthur. 

Selain Arthur, Barcelona juga sudah meresmikan kepindahan bek tengah dari Sevilla (Spanyol), Clement Lenglet. Pemain 23 tahun asal Prancis ini dibajak dengan banderol 35,9 juta euro (Rp 601,23 miliar). 

Selama dua musim di Andalusia, penampilan Lenglet cukup meyakinkan. Dia tampil dalam 73 pertandingan di seluruh kompetisi. Dia akan bersaing dengan Gerard Pique, Samuel Umtiti, Minna, sampai Thomas Vermaelen. 

Arsenal Rekrut Torreira, Chelsea Lepas Conte
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading