Internasional

Bank Sentral Rusia Cetak Uang Kertas Khusus Piala Dunia 2018

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
05 June 2018 12:37
Bank Sentral Rusia meluncurkan uang kertas khusus 100 rubel yang didedikasikan untuk Piala Dunia 2018. Foto: Reuters
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Sentral Rusia meluncurkan uang kertas khusus yang didedikasikan untuk Piala Dunia 2018. Uang kertas 100 rubel itu diterbitkan sebanyak 20 juta lembar.

Wakil Ketua Bank Sentral Olga Skorobogatova mengatakan uang kertas itu akan didistibusikan ke seluruh wilayah Rusia pada akhir Juni. Menurutnya, Bank of Russia telah mengirimkan uang baru tersebut ke Moskow, Saint Petersburg, Volgograd, Krasnodar, dan Samara, dilansir dari situs resmi Piala Dunia FIFA 2018 Rusia, hari Selasa (5/6/2018).

Bank Sentral Rusia Cetak Uang Kertas Khusus Piala Dunia 2018Foto: Reuters
Sisi depan uang kertas itu bergambar seorang anak laki-laki yang sedang bermimpi mengulang prestasi para pemain hebat, seperti penjaga gawang Lev Yashin. Di sisi sebaliknya bergambar bola sepak terbang yang melambangkan dunia, di mana peta Rusia dicantumkan.

Gambar di kedua sisi uang tersebut dibuat berorientasi vertikal.


Meskipun diluncurkan khusus untuk merayakan Piala Dunia 2018 di Rusia, uang kertas itu akan menjadi alat pembayaran yang sah. Namun, bank sentral memperkirakan penggemar dan numismatis akan membeli uang tersebut, utamanya untuk dijadikan souvenir atau sebagai koleksi semata.

Bank sentral Rusia sebelumnya telah mengeluarkan koin peringatan untuk Piala Dunia 2018.

Piala Dunia akan diadakan mulai dari 14 Juni hingga 15 Juli 2018 di 11 kota, yaitu Moskow, Kaliningrad, Saint Petersburg, Volgograd, Kazan, Nizhny Novgorod, Samara, Saransk, Rostov-on-Don, Sochi dan Ekaterinburg.
Artikel Selanjutnya

Pendukung Amerika Latin Goyang Rusia di Piala Dunia 2018


(prm)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading