Piala Dunia 2018

Piala Dunia Berjalan Sukses, Putin Bisa Berbangga Hati

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
16 July 2018 17:54
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebelum kickoff Piala Dunia Rusia hampir sebulan yang lalu, penggemar sepak bola telah diberi tahu untuk menanggung risiko mereka sendiri jika menghadiri turnamen di Rusia, yang digambarkan sebagai 'pemain ganas' di panggung dunia dan Putin, pemimpinnya, digambarkan sebagai persona non grata.

Setelah beberapa minggu menggelar turnamen dan menjamu bintang sepakbola internasional, para pakar dan masyarakat yang telah berkunjung ke Rusia sebagian besar tidak memiliki apa pun kecuali komentar dan pengalaman positif.

Turnamen ini juga 'merobek' buku aturan tradisi sepakbola, di mana beberapa tim negara favorit (Brasil, Jerman, Spanyol, dan Argentina) kalah di awal kompetisi.


Prancis berhasil memenangkan Piala Dunia pada hari Minggu (15/7/2018), mengalahkan Kroasia di final yang sarat gol - yang termasuk gol bunuh diri -, invasi lapangan, dan keputusan kontroversial menggunakan video assistant referee atau VAR. Final dramatis menggambarkan turnamen yang terbukti menarik, mudah diingat, dan tidak dapat diprediksi.

Tim tuan rumah Rusia, yang menempati peringkat ke-70 di daftar FIFA (tim peringkat terendah di turnamen) sebelumnya, mengalami keberhasilan tak terduga di Piala Dunia yang telah membuat senang para penggemarnya. Rusia dikalahkan Kroasia lewat adu penalti di perempat final. Namun, keberhasilannya mencapai titik itu saja sudah dianggap sebagai prestasi tersendiri.

"Saya pikir Piala Dunia ini akan dicatat dalam sejarah sebagai salah satu kejuaraan terbaik dan paling sukses," kata Alexander Rahr, seorang analis urusan Rusia di Forum Jerman-Rusia, kepada CNBC International yang dilansir hari Senin (16/7/2018). "Orang-orang takut pada hooligan Rusia tetapi orang-orang Rusia telah menunjukkan bahwa mereka adalah tuan rumah yang baik."


"Saya berharap ini akan memberi Rusia kemajuan, karena orang-orang di sana tidak pernah menerima begitu banyak kunjungan. Ada ribuan pengunjung dalam sebulan, tidak hanya di Moskow dan St. Petersburg tetapi di provinsi lain juga, dan orang yang mengunjunginya adalah orang yang tidak akan pernah bepergian ke Rusia sebelumnya," katanya.
(prm)
1 dari 3 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading