Piala Dunia 2018

Bisnis Piala Dunia: Siapa Untung? Berapa Keuntungannya?

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
15 June 2018 12:56
Jakarta, CNBC Indonesia - Piala Dunia FIFA ke-21 sudah resmi dimulai pada hari Kamis (14/6/2018) di Moskow, Rusia. Miliaran orang pun diprediksi memusatkan perhatiannya pada para bintang sepak bola yang sedang berlaga demi negaranya dalam turnamen paling bergengsi di dunia ini.

Piala Dunia sendiri merupakan perhelatan sepak bola yang paling menguntungkan sekaligus paling mahal. Sebab, mereka yang mengeluarkan uang untuk turnamen ini tidak serta merta mendapatkan keuntungan.

FIFA, pemimpin organisasi sepak bolah di seluruh dunia, meraup pendapatan miliaran dolar setiap empat tahun dari Piala Dunia. Sementara negara yang menjadi tuan rumah turnamen ini membayar US$10 miliar (Rp 140 triliun) bahkan lebih.


Tahun ini, turnamen diselenggarakan di 11 kota di Rusia, dimulai dengan 32 tim yang berlaga dalam knockout tournament format atau babak eliminasi. Pemenang akan diumumkan tanggal 15 Juli.


Pembangunan dan persiapan untuk turnamen ini membuat Rusia menggelontorkan US$11,8 miliar, menurut USA Today yang dikutip oleh CNBC International, dengan lebih dari 70% dananya berasal dari pendanaan publik.

Total hadiah uang US$400 juta akan dimenangkan oleh para tim, menurut FIFA, mulai dari US$8 juta untuk tim yang berpartisipasi sampai US$38 juta untuk pemenangnya.

Bank-bank, seperti UBS dan Goldman Sachs, menggunakan algoritma untuk memprediksi pemenang, masing-masing menjagokan Jerman dan Brasil. Sebelumnya, kedua tim itu berhadapan di semifinal Piala Dunia 2014 di mana Jerman membantai Brasil dengan skor 7-1.
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading