Piala Dunia 2018

Baru 13 Hari, FIFA Sudah Jatuhkan Denda kepada 5 Pihak

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
27 June 2018 12:14
Baru 13 Hari, FIFA Sudah Jatuhkan Denda kepada 5 Pihak

Jakarta, CNBC Indonesia - Piala Dunia 2018 baru berjalan 13 hari, babak kualifikasi bahkan belum selesai, tetapi asosiasi sepakbola dunia (FIFA) telah menjatuhkan denda terhadap lima pihak.

Argentina, yang semalam baru saja lolos dari lubang jarum dengan mengalahkan Nigeria 2-1 dalam pertandingan terakhir Grup D, juga tak luput dari tindakan tegas FIFA.




Dilansir dari fifa.com, Rabu (27/6/2018), Argentina Football Association (AFF) didenda 80.000 euro akibat fans Messi dkk melakukan tindak anarkis dan kedapatan menyanyikan lagu bernuansa homofobia.

Suporter Argentina melagukan chant tersebut ketika Argentina digilas Kroasia 3-0 dalam pertandingan kedua. Tak hanya itu, fans Argentina juga terekam kamera CCTV melakukan kekerasan terhadap fans Kroasia di Stadion Nizhny Novgorod.

"Suporter Argentina terbukti berkelahi, melemparkan benda-benda serta menyanyikan chant homofobia dan menghina. Selain itu, timnas Argentina juga melanggar Regulasi Media dan Marketing karena tidak menghadiri wawancara pasca pertandingan," ujar pernyataan resmi FIFA.

Dalam video yang beredar di laman maya, nampak sejumlah orang yang memakai seragam timnas Argentina memukuli dan menendang seorang yang memakai seragam timnas Kroasia.

Menanggapi hal itu, Menteri Keamanan Argentina Patricia Bullrich telah meminta kepada panitia penyelenggara untuk menghukum suporter nakal tersebut dengan mencabut Fan ID. Ia juga meminta pemerintah Rusia untuk mendeportasi 4 orang tersangka.

Sebelumnya, FIFA telah menjatuhkan sanksi kepada FA Meksiko sebesar 7.600 euro setelah fans mereka menyanyikan lagu homofobia ketika mengalahkan Jerman 1-0. "FIFA tidak akan menoleransi diskriminasi," ujar juru bicara FIFA.

Selain kasus suporter, asosiasi yang bermarkas di Swiss itu juga telah memutuskan memberikan sanksi kepada Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri yang membela timnas Swiss masing-masing sebesar 7.600 euro.

Sanksi dijatuhkan karena gestur dua pemain tersebut ketika mencetak gol ke gawang Serbia dinilai politis dan berkaitan dengan isu politik Albania dan Kosovo. Kapten timnas Swiss Stephan Lichtsteiner juga dikenai denda 3.800 euro karena terlibat. (ara/ara)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading