Kemenangan Messi Dkk Jadi Pelipur Lara Rakyat Argentina

News - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
27 June 2018 11:52
Kemenangan dini hari tadi menjadi obat pelipur lara rakyat Argentina yang sedang merana karena krisis ekonomi melanda negara tersebut.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kemenangan Agerntina atas Nigeria disambut gegap gempita oleh para pendukung yang menyaksikan langsung di Stadion St Petertburgs karena lolos dari fase grup setelah sempat terseok-seok. Kemenangan dini hari tadi menjadi obat pelipur lara rakyat Argentina yang sedang merana karena krisis ekonomi melanda negara tersebut.

Euforia kemenangan tersebut tampak dari ekspresi Diego "Sang Maestro" Armando Maradona saat dua gol Argentina bersarang di gawang Nigeria. Walaupun pada akhir pertandingan Maradona sempat mendapatkan perawatan kesehatan, mungkin karena terlalu senang.

Lionel Messi dan Marcos Rojo tampil sebagai "penyelamat" Argentina dini hari tadi, lewat gol yang disarangkan pada menit 14 dan menit 86. Ini merupakan gol pertama bagi Messi diajang Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia. Padahal Messi merupakan salah satu pencetak gol termuda di Piala Dunia, pada debut pertamanya di Piala Dunia 2006 di Jerman.


Kemenangan dini hari tadi punya makna penting bagi rakyat Argentina yang sedang mengalami krisis, dan sekarang sudah menjadi "pasien" Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF).

Sejak awal tahun nilai tukar mata uang Argentina, Peso, sudah mengalami depresiasi lebih dari  30% terhadap dolar Amerika Serikat. Ini menambah masalah bagi Argentina yang juga menghadapi inflasi tahunan mencapai 26%, ditambah defisit perdagangan yang mencapai US$ 1,29 miliar, suku bunga acuan yang sudah mencapai 40% dan pertumbuhan ekonomi hanya 1,1%.

Situasi buruk tersebut semakin memburuk, meskipun negara ini masih punya cadangan devisa sekitar US$ 44,68 miliar. Selain itu, Presiden Argentina Mauricio Macri bolak-balik mengganti menteri di kabinetnya dan gubernur Bank Sentral agar bisa mengatasi situasi sulit tersebut.

Sampai akhirnya, IMF resmi menyetujui paket bantuan senilai US$50 miliar atau setara dengan Rp 705,9 triliun yang ditujukan untuk membantu Argentina menghadapi inflasi, defisit anggaran dan pelemahan nilai tukar mata uangnya. Pada tahap pertama Argentina berencana untuk menarik $15 miliar, dimana setengahnya akan digunakan untuk menopang anggaran. Sementara sisa dana $35 miliar akan digunakan untuk "berjaga-jaga", menurut IMF.

Mudah-mudahan kemenangan Argentina bisa sejenak melupakan nestapa yang sedang mereka alami sekarang karena krisis. Messi dkk punya tanggungjawab menjadi penghibur di kala kesesakan ekonomi menimpa negara ini.
Artikel Selanjutnya

Tak Cuma Mobil Mewah, Pemain Nigeria Ini Juga Beli Pom Bensin


(hps/gus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading