Internasional

Ternyata Dulu Bos Apple Puja-puji Pasar China

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
04 January 2019 - 13:59
Jakarta, CNBC Indonesia - Chief Executive (CEO) Apple Tim Cook menyebut perlambatan ekonomi China dan perang dagang China-Amerika Serikat (AS) sebagai penyebab perusahaan menurunkan panduan penjualan di kuartal pertama tahun fiskal 2019-nya yang berakhir 29 Desember.

Pernyataannya bertolak belakang dengan apa yang dikatakannya pada saat pengumuman pendapatan Apple untuk kuartal pertama tahun 2018 lalu. Saat itu CEO raksasa teknologi AS tersebut mengatakan: "ke manapun saya memandang, saya merasa sangat senang dengan apa yang kami lakukan di China."



Dalam sebuah surat kepada investor, Rabu (3/1/2019), Cook mengatakan perusahaan memperkirakan penjualan akan lebih rendah dari yang diproyeksikan sebelumnya, terutama di China.

"Ketika kami mengantisipasi beberapa tantangan di pasar-pasar negara berkembang utama, kami tidak memperkirakan besarnya perlambatan ekonomi, khususnya di Greater China," katanya dalam sebuah surat kepada para investor, melansir CNBC International.

"Faktanya, sebagian besar kekurangan pendapatan kami menjadi pedoman kami, dan lebih dari 100% penurunan pendapatan kami dari tahun ke tahun (year-on-year/YoY), terjadi di Greater China dan berasal dari penjualan semua jenis iPhone, Mac dan iPad," kata Cook, merinci bagaimana perlambatan ekonomi China telah terjadi akibat dipengaruhi oleh perang dagang sehingga berdampak pada konsumen produk Apple di wilayah tersebut.

Ternyata Dulu Bos Apple Puja-puji Pasar ChinaFoto: CEO Apple Tim Cook berbicara selama acara Apple di distrik Brooklyn, New York, AS, 30 Oktober 2018. REUTERS / Shannon Stapleton

Meski Cook menyebut masih memiliki komitmen di China dan mengatakan "meskipun ada tantangan ini, kami percaya bahwa bisnis kami di China memiliki masa depan yang cerah", namun tetap saja pernyataan telah berhasil menunjukkan perubahan dalam perspektif Apple tentang China. Padahal sepanjang 2018 lalu, meski ada isu perang dagang, Cook masih tetap positif pada pasar China.

Berikut adalah beberapa komentar Tim Cook selama setahun terakhir tentang pendapatan Apple di China dan pemikirannya tentang perang dagang dan tarif, yang berhasil dirangkum CNBC.



BERLANJUT KE HALAMAN DUA


(prm)
1 dari 3 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading