Penjualan iPhone Lesu, Ini Penjelasan Lengkap Bos Apple

Market - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
03 January 2019 11:55
Penjualan iPhone Lesu, Ini Penjelasan Lengkap Bos Apple
Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Apple Tim Cook dalam suratnya kepada para investor, Rabu (2/1/2019) menurunkan target pendapatannya di kuartal 1 tahun fiskal 2019 yang berakhir di 29 Desember.

Perusahaan pembuat iPhone ini menurunkan panduan pendapatannya menjadi US$84 miliar (Rp 1.210 triliun) dari US$89 miliar hingga US$93 miliar yang diperkirakan sebelumnya. Semua ini karena penjualan ponsel pintar (smartphone) andalan Apple, iPhone, yang tidak sesuai dengan harapan raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu.


Berikut adalah surat Cook yang membuat saham Apple anjlok hingga 7% dalam perdagangan after hours di Wall Street, sebagaimana dilansir dari CNBC International.


Kepada investor Apple:




Hari ini kami merevisi pedoman kami untuk kuartal pertama tahun fiskal 2019 Apple, yang berakhir pada tanggal 29 Desember. Berikut hal-hal yang sekarang kami harapkan:



• Penghasilan sekitar US$84 miliar



• Margin kotor sekitar 38%



• Biaya operasional sekitar US$8,7 miliar



• Penghasilan /(pengeluaran) lain sekitar US$550 juta



• Tarif pajak sekitar 16,5% sebelum item yang tidak berlanjut



Kami memperkirakan jumlah saham yang digunakan dalam menghitung EPS terdilusi sekitar 4,77 miliar.



Berdasarkan estimasi ini, pendapatan kami akan lebih rendah dari panduan awal kami pada kuartal ini, dengan hal lain secara umum tetap sejalan dengan panduan kami.



Dalam waktu beberapa minggu sebelum kami menyelesaikan dan melaporkan hasil akhir kami, kami ingin memberikan beberapa informasi awal kepada Anda sekarang. Hasil akhir kami mungkin agak berbeda dari perkiraan awal ini.



Ketika kami membahas panduan kuartal 1 kami dengan Anda sekitar 60 hari yang lalu, kami tahu kuartal pertama akan dipengaruhi oleh faktor makroekonomi dan faktor spesifik Apple. Berdasarkan perkiraan terbaik kami tentang bagaimana ini akan berjalan, kami memperkirakan bahwa kami akan melaporkan sedikit pertumbuhan pendapatan dari tahun-ke-tahun untuk kuartal ini. Seperti yang Anda ingat, kami membahas empat faktor:



Penjualan iPhone Lesu, Ini Penjelasan Lengkap Bos AppleCEO Apple Tim Cook (Foto: REUTERS/Elijah Nouvelage)

Pertama, kami tahu perbedaan waktu peluncuran iPhone kami akan memengaruhi perbandingan kami dari tahun ke tahun. Model teratas kami, iPhone XS dan iPhone XS Max, dikirim pada kuartal empat 2018 - menjadi pengisi saluran dan penjualan awal pada kuartal tersebut, sedangkan iPhone X tahun lalu dikirim pada kuartal satu 2018, menempatkan pengisian saluran dan penjualan awal pada kuartal Desember. Kami tahu ini akan membuat perbandingan yang sulit untuk kuartal satu 2019, dan ini secara umum sesuai dengan harapan kami.



Kedua, kami tahu dolar AS yang kuat akan menciptakan tantangan valuta asing dan memperkirakan ini akan mengurangi pertumbuhan pendapatan kami sekitar 200 basis poin dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Ini juga secara umum sesuai dengan harapan kami.



Ketiga, kami tahu kami memiliki sejumlah produk baru yang belum pernah dibuat oleh siapapun sebelumnya selama kuartal tersebut dan memperkirakan kendala pasokan akan menghalangi penjualan produk-produk tertentu kami selama kuartal satu. Sekali lagi, ini juga secara umum sesuai dengan harapan kami. Penjualan Apple Watch Series 4 dan iPad Pro terhambat banyak atau pada semua kuartal. AirPods dan MacBook Air juga terhambat.



Keempat, kami memperkirakan pelemahan ekonomi di beberapa pasar negara berkembang. Ini ternyata memiliki dampak yang jauh lebih besar daripada yang kami proyeksikan.



Selain itu, faktor-faktor ini dan lainnya menghasilkan peningkatan iPhone yang lebih sedikit daripada yang kami perkirakan.



Dua poin terakhir ini telah menyebabkan kami menurunkan panduan pendapatan kami. Saya ingin sedikit memberikan perhatian lebih dalam pada keduanya.



Tantangan Pasar Berkembang



Sementara kami mengantisipasi beberapa tantangan di pasar-pasar utama yang sedang berkembang, kami tidak memperkirakan besarnya perlambatan ekonomi, khususnya di China. Faktanya, sebagian besar shortfall dalam panduan pendapatan kami, dan lebih dari 100% penurunan pendapatan kami di seluruh dunia, terjadi di China untuk seluruh iPhone, Mac, dan iPad.



Ekonomi China mulai melambat di paruh kedua 2018. Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang dilaporkan pemerintah selama kuartal September adalah yang terendah kedua dalam 25 tahun terakhir. Kami percaya lingkungan ekonomi di China telah lebih jauh dipengaruhi oleh meningkatnya ketegangan perdagangan dengan Amerika Serikat. Ketika iklim meningkatnya ketidakpastian membebani pasar keuangan, efeknya tampaknya menjangkau konsumen juga, dengan menurunnya lalu lintas ke toko ritel kami dan mitra saluran kami di China ketika kuartal berlangsung. Data pasar telah menunjukkan bahwa kontraksi di pasar ponsel pintar China sangat tajam.



Penjualan iPhone Lesu, Ini Penjelasan Lengkap Bos AppleApple iPhone XS MAX (Foto: CNBC International)

Terlepas dari tantangan ini, kami percaya bahwa bisnis kami di China memiliki masa depan yang cerah. Komunitas pengembang iOS di China adalah salah satu yang paling inovatif, kreatif, dan bersemangat di dunia. Produk kami menikmati pengikut yang kuat di antara pelanggan, dengan tingkat keterlibatan dan kepuasan yang sangat tinggi. Hasil kami di China termasuk rekor baru untuk pendapatan Layanan, dan basis perangkat yang dipasang kami tumbuh selama setahun terakhir. Kami bangga berpartisipasi di pasar China.




iPhone



Pendapatan iPhone yang lebih rendah dari yang diantisipasi, terutama di China, menyumbang semua kekurangan pendapatan kami untuk panduan kami dan untuk lebih dari penurunan pendapatan kami dari tahun ke tahun. Bahkan, kategori di luar iPhone (Layanan, Mac, iPad, Produk Pakaian / Rumah / Aksesori) digabungkan untuk tumbuh hampir 19% dari tahun-ke-tahun.



Sementara China dan pasar negara berkembang lainnya menyumbang sebagian besar dari penurunan pendapatan iPhone dari tahun ke tahun, di beberapa pasar maju, peningkatan iPhone juga tidak sekuat yang kami kira. Sementara tantangan ekonomi makro di beberapa pasar merupakan kontributor utama tren ini, kami percaya ada faktor-faktor lain yang secara luas mempengaruhi kinerja iPhone kami, termasuk konsumen yang beradaptasi dengan dunia di mana subsidi operator yang lebih sedikit, kenaikan harga terkait kekuatan dolar AS, dan beberapa pelanggan mengambil keuntungan dari penurunan harga yang signifikan untuk penggantian baterai iPhone.




Banyak Hasil Positif di Triwulan Desember



Meskipun mengecewakan untuk merevisi pedoman kami, kinerja kami di banyak bidang menunjukkan kekuatan yang luar biasa terlepas dari tantangan ini.



Basis perangkat aktif kami yang terinstal mencapai level tertinggi baru sepanjang masa - tumbuh lebih dari 100 juta unit dalam 12 bulan. Ada lebih banyak perangkat Apple yang digunakan daripada sebelumnya. Ini merupakan bukti kesetiaan, kepuasan, dan keterlibatan pelanggan kami yang berkelanjutan.



Juga, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, pendapatan di luar bisnis iPhone kami tumbuh hampir 19% dari tahun-ke-tahun, termasuk rekor pendapatan sepanjang masa dari Layanan, Wearables, dan Mac. Bisnis non-iPhone kami memiliki eksposur yang lebih sedikit ke pasar negara berkembang, dan sebagian besar pendapatan Layanan terkait dengan ukuran basis yang diinstal, bukan dari penjualan periode saat ini.



Layanan menghasilkan lebih dari US$10,8 miliar dalam pendapatan selama kuartal tersebut, tumbuh ke rekor kuartalan baru di setiap segmen geografis, dan kami berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan kami, dengan menggandakan ukuran bisnis ini dari 2016 hingga 2020.



Produk wearables dapat tumbuh hampir 50% dari tahun ke tahun, karena Apple Watch dan AirPod sangat populer di kalangan pembeli pada saat liburan; peluncuran MacBook Air dan Mac mini mendukung Mac untuk pertumbuhan pendapatan tahun-ke-tahun; peluncuran iPad Pro baru mendorong iPad ke pertumbuhan pendapatan dua digit untuk tahun-ke-tahun.



Kami juga berharap untuk mencatat rekor pendapatan sepanjang masa di beberapa negara maju, termasuk AS, Kanada, Jerman, Italia, Spanyol, Belanda dan Korea. Sementara catatan lain kami melihat tantangan di beberapa pasar negara berkembang, beberapa negara lainnya mencatakan rekor, termasuk Meksiko, Polandia, Malaysia dan Vietnam.



Akhirnya, kami juga berharap untuk melaporkan rekor baru sepanjang masa untuk pendapatan per saham Apple.



Penjualan iPhone Lesu, Ini Penjelasan Lengkap Bos AppleFoto: Apple products (REUTERS/Stephen Lam)


Pandangan ke depan



Profitabilitas dan arus kas kami kuat, dan kami berharap untuk mengakhiri kuartal dengan sekitar US$130 miliar dalam kas bersih. Seperti yang telah kami nyatakan sebelumnya, kami berencana untuk menjadi net-cash neutral dari waktu ke waktu.



Ketika kami keluar dari kuartal yang penuh tantangan, kami tetap percaya diri dalam kekuatan fundamental bisnis kami. Kami mengelola Apple untuk jangka panjang, dan Apple selalu menggunakan periode kesulitan untuk menguji kembali pendekatan kami, untuk mengambil keuntungan dari budaya fleksibilitas, kemampuan beradaptasi, dan kreativitas kami, serta untuk menjadi lebih baik sebagai hasilnya.



Hal terpenting, kami percaya diri dan bersemangat tentang saluran produk dan layanan kami di masa depan. Apple berinovasi tidak seperti perusahaan lain di muka bumi ini, dan kami tidak melepas langkah kami.



Kami tidak dapat mengubah kondisi ekonomi makro, tetapi kami melakukan dan mempercepat inisiatif lain untuk meningkatkan hasil kami. Salah satu inisiatif tersebut adalah kemudahan untuk menukar ponsel lama dengan yang baru di toko kami, membiayai pembelian dari waktu ke waktu, dan mendapatkan bantuan mentransfer data dari ponsel saat ini ke yang baru. Ini tidak hanya bagus untuk lingkungan, tetapi juga bagus untuk pelanggan, karena ponsel mereka bertindak sebagai subsidi untuk ponsel baru mereka, dan itu bagus untuk pengembang, karena dapat membantu menumbuhkan basis terpasang kami.



Ini adalah salah satu dari sejumlah langkah yang kami ambil untuk merespons. Kita dapat melakukan penyesuaian ini karena kekuatan Apple ada pada ketahanan kita, bakat dan kreativitas tim kita, dan hasrat yang kuat untuk pekerjaan yang kita lakukan setiap hari.



Harapannya tinggi untuk Apple karena memang seharusnya begitu. Kami berkomitmen untuk melampaui harapan itu setiap hari.



Itu selalu menjadi cara Apple, dan akan selalu begitu.



Tim



(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading