Internasional

Trump Lagi-lagi Sasar Amazon Cs, Kali Ini Soal Monopoli

Market - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
06 November 2018 12:00
Trump Lagi-lagi Sasar Amazon Cs, Kali Ini Soal Monopoli
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pemerintahannya sedang memeriksa pelanggaran antimonopoli oleh Amazon, Facebook, dan induk Google, Alphabet.

Dalam sebuah wawancara video dengan Jonathan Swan dan Jim VandeHei dari Axios yang ditayangkan Minggu (4/11/2018), Trump mengatakan dia "tidak ingin menyakiti" raksasa teknologi AS tetapi sedang mempertimbangkan tindakan.



"Kami memandang [antimonopoli] dengan sangat serius," kata Trump, dikutip dari CNBC International. "Dengar, itu tidak berarti kami melakukannya, tetapi kami pasti mencari dan saya pikir kebanyakan orang menduga itu, saya membayangkannya."


Antitrust atau antimonopoli adalah kebijakan pemerintah dalam menangani monopoli. Undang-undang antitrust dibuat untuk menghentikan penyalahgunaan kekuatan pasar oleh perusahaan-perusahaan besar. Terkadang juga dipergunakan dalam mencegah merger serta akuisisi perusahaan yang akan menciptakan atau memperkuat monopoli.

Trump mengatakan pihak-pihak lain juga telah mempertimbangkan tindakan terhadap perusahaan teknologi tetapi "pemerintahan sebelumnya" menghentikannya.

"Mereka membicarakan hal ini sejak bertahun-tahun lalu. Anda tahu mereka sebenarnya berbicara tentang subyek yang sama, monopoli."

Trump Lagi-lagi Sasar Amazon Cs, Kali Ini Soal MonopoliIlustrasi Amazon (Foto: REUTERS/Juan Carlos Ulate.)
Presiden telah berulang kali menyerang Amazon. Ia mengatakan tanpa bukti bahwa pengiriman paket oleh jasa pos negara US Postal Service untuk Amazon telah menghabiskan biaya layanan pemerintah.

Trump juga mengritik CEO Amazon Jeff Bezos, yang juga pemilik The Washington Post.

Mike Allen, co-founder dan editor eksekutif Axios, mengatakan kepada CNBC International hari Senin bahwa dia berpikir Trump serius tentang penyelidikannya terhadap perusahaan teknologi besar.



"Presiden telah membicarakan hal ini untuk waktu yang lama," kata Allen dalam wawancara. Ia juga menyebutkan "obsesi" Trump dengan Amazon.

Perusahaan-perusahaan teknologi telah berada di bawah pengawasan Washington baru-baru ini terkait upaya untuk mencegah campur tangan asing dalam pemilihan AS.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading