Belanda Sudah, Kini Prancis Setop Liga! Liverpool Gimana...?

Lifestyle - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
29 April 2020 07:00
FILE PHOTO: Paris St Germain's Neymar at Parc des Princes, Paris, France - January 23, 2019. REUTERS/Charles Platiau
Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) telah memakan korban jiwa ratusan ribu manusia di seluruh dunia. Namun korban-korban virus yang bermula dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat China ini juga meluas ke seluruh sendi kehidupan.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, per 28 April 2020 jumlah pasien positif corona di seluruh dunia mencapai 2.954.22 orang. Sementara pasien meninggal tercatat 202.597 orang.


Penyebaran virus yang begitu cepat memaksa pemerintah untuk menghentikan berbagai aktivitas publik yang non-esensial. Salah satunya adalah sepakbola. Sejak bulan lalu, kompetisi sepakbola di berbagai negara dihentikan untuk sementara, termasuk di Eropa yang menjadi kiblat sepakbola dunia.


Belum ada kejelasan kapan the beautiful game kembali dimainkan. Ketidakjelasan ini membuat musim 2019/2020 menjadi penuh tanda tanya.

Belanda sudah menjawab tanda tanya itu. Federasi Sepakbola Kerajaan Belanda (KNVB) memutuskan kompetisi musim 2019/2020 dibatalkan.

Tidak cuma dibatalkan, tetapi juga diputihkan. Null and void, hilang dari catatan sejarah. Tidak ada juara, tidak ada yang terdegradasi.


Kini, Prancis juga sudah memberikan ketegasan. Noel Le Graet, Presiden Federasi Sepakbola Prancis (FFF), menyatakan bahwa musim 2019/2020 sudah selesai.

"Kami sudah memberi informasi kepada Dewan Eksekutif bahwa Ligue 1 dan Ligue 2 tidak akan dimulai. Liga Nasional tidak akan digulirkan, begitu pula dengan liga sepakbola perempuan D1. Empat kompetisi ini sudah berakhir untuk musim 2019/2020," ungkap Le Graet, seperti dkutip dari AFP.

Belum diputuskan apakah Ligue 1 juga tanpa pemenang seperti Eredivisie di Belanda. Masih ada kemungkinan klasemen terakhir sebelum kompetisi berhenti pada 13 Maret akan menjadi penentu. Jika ini yang diambil, maka Paris St Germain akan menjadi juara karena berada di posisi teratas dengan jarak 12 poin dari Marseille di peringkat 2.


La Liga Mau Mulai Lagi, Liga Primer Kapan?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading