Internasional

Wow, Pendapatan Divisi Dua Liga Inggris Lampaui Tiga Liga UE!

Lifestyle - Roy Franedya, CNBC Indonesia
06 August 2018 11:53
Wow, Pendapatan Divisi Dua Liga Inggris Lampaui Tiga Liga UE!
Jakarta, CNBC Indonesia - Inggris memang terkenal dengan komersialisasi bisnis sepakbola. Liga Premier, kasta tertinggi sepakbola Inggris, tercatat sebagai liga sepakbola terkaya di dunia. Bagitu juga divisi Championship, kasta kedua setelah Liga Premier, yang pendapatannya lebih tinggi dari beberapa liga utama di Eropa.

Pada musim 2016/2017, 24 tim yang berlaga di divisi Championship mencatatkan pendapatan gabungan 835 juta euro atau setara Rp US$967 juta (Rp 13,92 triliun), menurut data Deloitte. Kinerja ini menjadikan Championship sebagai liga sepakbila keenam tertinggi dari sisi pendapatan.

Angka tersebut memang masih jauh dari pendapatan gabungan liga Spanyol, Jerman, Italia, dan Perancis. Namun, pendapatan divisi Championship lebih tinggi dari pendapatan liga utama Turki, Rusia, dan Belanda.


Pendapatan divisi Championship dan jumlah penontonnya juga lebih tinggi dibandingkan dari divisi dua Jerman, Perancis, dan Spanyol. Namun, 30% pendapatan Championship (250 juta euro) berasal dari pembayaran parasut Liga Premier, yang lebih dari divisi dua Perancis dan Spanyol.

Pembayaran parasut adalah jumlah yang diberikan kepada tim yang terdegradasi ke divisi Championship untuk mengurangi dampak penurunan divisi tersebut. Stoke City, West Bromwich Albion, dan Swansea akan mendapat sekitar 45 juta euro untuk musim 2018/19, diikuti oleh 39 juta dan 17 juta euro untuk dua musim berikutnya, jika tidak promosi ke Premier League.

Investor merasakan peluang dengan tim Championship. Mantan juara Eropa Aston Villa menjadi klub terbaru yang diambil alih pelaku bisnis dunia. Pada bulan Juli, miliarder Mesir Nassef Sawiris dan Fortress Investment Group co-founder Wes Edens baru-baru ini menyetujui pembelian 55% saham Aston Villa seharga 39 juta euro.

Pemilik Eleven Sports Network, Andrea Radrizzani, chairman tim Championship Leeds United, perusahaannya baru saja mengambil hak siar sepakbola Spanyol dan Italia di Amerika Serikat, dan bukan perwakilan dari Sky dan BT.

Nama-nama besar menjadi pelatih tim Championship. Frank Lampard, mantan gelandang Chelsea dan Timnas Inggris akan menjadi manager Derby County tahun ini.

Promosi dari divisi Championship ke Premier League memberikan hadiah besar sendiri, dengan tiga tempat yang tersedia setiap musim. Promosi ini kemudian bernilai sekitar 336 juta euro. Klub yang berhasil menyabet juara Liga Premier pada musim berikutnya akan dapat hadiah yang luar biasa, berkat hak siar dan pendapatan komersial lainnya.


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading