Internasional

Frustasi, Taipan Rusia Ini Ingin Jual 30% Sahamnya di Arsenal

Investment - Roy Franedya, CNBC Indonesia
26 July 2018 13:12
Frustasi, Taipan Rusia Ini Ingin Jual 30% Sahamnya di Arsenal
Jakarta, CNBC Indonesia - Taipan Rusia, Alisher Usmanov sedang menjajaki kemungkinan penjualan 30% sahamnya di klub Liga Utama Inggris (EPL), menurut laporan Financial Times yang mengutip sumber yang dekat dengan miliarder tersebut.

Alisher Usmanov ingin melepas saham Arsenal karena frustasi dengan pemilik saham lainnya, Stan Kroenke, yang tidak mau menjual saham ke pengusaha Rusia tersebut dan membuat Usmanov tidak bisa mengontrol Arsenal secara langsung.

Pada 2017, Alisher Usmanov pernah mencoba menjadi pemegang saham mayoritas di Arsenal dengan menawar saham Stan Kroenke seharga US$1,3 miliar atau setara Rp 18,72 Triliun (asumsi US$1 = Rp 14.400). Namun KSE (Kroenke Sports & Entertainment) Inc mengatakan sahamnya di klub meriam London ini tidak dijual.


Sumber tersebut mengatakan Alisher Usmanov bersedia menjual sahamnya kepada siapapun kecuali Stan Kroenke yang mengindikasikan keretakan hubungan mereka dan kurangnya visi bersama.

Tetapi investor yang akan menggantikan Alisher Usmanov akan menghadapi masalah yang sama. Tidak punya kendali pada Arsenal. Alisher Usmanov tidak bisa menempatkan orangnya di dewan direksi Arsenal. Kroenke merupakan pemegang saham pengendali.

Alisher Usmanov, yang juga memiliki saham di Spotify dan Airbnb, berinvestasi di Arsenal sejak 2007, ketika dia dan pengusaha Iran Farhad Moshiri membeli 14,6% saham di klub London utara itu.


(roy/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading