7 Pekerjaan Ini Bakal Digantikan Robot, Profesi Kamu Bukan?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
11 October 2019 11:53
Foto: Infografis/Mengenal Artificial Intelligence dan Cara Kerjanya/Arie Pratama
Jakarta, CNBC Indonesia - Pesatnya perkembangan teknologi dan artificial intelligence atau kecedasan buatan (AI) membuat banyak orang khawatir. Pasalnya, teknologi ini berpotensi menggantikan kerja manusia yang selama ini dillakukan.

Robot dikhawatirkan akan memicu gelombang pemutusan hubungan kerjan (PHK) di berbagai industri. Berikut ini 7 profesi yang terancam digantikan oleh robot, seperti dikutip CNBC Indonesia dari DigitalTrends, Jumat (11/10/2019):


Pengacara



Beberapa pekerjaan dalam profesi ini bersifat rutin dan pengulangan. Inilah yang berpotensi digantikan robot. Salah satu pekerjaan tersebut adalah terkait pencarian aturan-aturan hukum yang akan digunakan dalam sebuah perkara dan penyusunan perjanjian hukum atau kontrak. Ini yang membuat profesi pengacara junior terancam.

Analis Keuangan

Bekerja di sektor jasa keuangan juga profesi yang bergengsi dengan potensi penghasilan yang besar. Namun pekerjaan analis keuangan bisa digantikan robot karena artificial intelligence bisa menemukan pola dan melakukan perdagang lebih cepat dari manusia.

Sopir

Pekerjaan ini terancam punah bila teknologi mobil otonom atau self driving car sukses ditetap di jalan. Banyak perusahaan raksasa teknologi yang mengembangkan teknologi ini mulai dari Uber hingga Google.

Telemarketing dan asisten costumer service

Ancaman terhadap pekerjaan ini sudah terlihat jelas dengan semakin banyaknya perusahaan berbasis jasa menggunakan chatbot. Dengan teknologi ini robot bisa menjawab hingga memberikan saran atas keluhan pelanggan.



Berlanjut ke halaman 2 >>>



(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading