Ini Ballie, Robot Imut Samsung yang Bisa Beresin & Jaga Rumah

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
08 January 2020 15:36
Samsung membuat sebuah gebrakan baru di pameran Consumer Electronics Show (CES) 2020, di Las Vegas, dengan menghadirkan robot pembantu rumah tangga.
Jakarta, CNBC Indonesia - Samsung membuat sebuah gebrakan baru di pameran Consumer Electronics Show (CES) 2020, di Las Vegas, dengan menghadirkan robot pembantu rumah tangga.

Dilansir dari GSMArena, (8/1/2020), robot tersebut bernama Ballie, dibaca Ball-E, memiliki kecerdasan buatan yang dirancang untuk menawarkan perawatan rumah tangga yang dapat berinteraksi dengan lingkungan, orang, hewan, dan perangkat yang terhubung internet atau IoT (Internet of Things).


Dalam video promosinya, Ballie dapat membuka tirai rumah, menyalakan mesin cuci dan televisi, bermain dengan anjing, hingga menyambungkan ke robot vakum untik membersihkan seisi rumah.


Ballie memiliki bentuk menyerupai bola dengan tambahan kamera didepan untuk merekam momen. Banyak yang orang yang berkomentar di Internet bahwa bentuk desainnya mirip robot BB-8 di film Star Wars.

Ini Ballie, Robot Imut Samsung yang Bisa Bersihkan RumahFoto: Robot Samsung "Ballie" (AP Photo/John Locher)

Samsung mengklaim kemampuan kecerdasan Ballie juga memungkinkannya menjadi asisten kesehatan dan mencari solusi untuk kebutuhan seseorang.

Contohnya, robot Ballie akan dapat meminta bantuan jika semisal melihat seseorang atau tuannya jatuh dan tidak bisa bangun.

Soal privasi, Perushaan juga menjamin bahwa Ballie dibuat dengan melindungi data penggunanya. "Semua ini dilakukan dengan tetap menjaga standar perlindungan data dan privasi yang ketat," kata Sebastian Seung, Executive Vice President dan Chief Research Scientist Samsung Electronics.

Sayangnya meski telah dipamerkan, Samsung belum mengungkap kapan Ballie akan dijual ke pasaran serta berapa harga yang akan dibanderol.

Ini Ballie, Robot Imut Samsung yang Bisa Beresin & Jaga RumahFoto: Robot Samsung "Ballie" (AP Photo/John Locher)



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading