Sri Mulyani ke Lulusan STAN: Harus Lebih Hebat dari Robot!

Tech - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
19 September 2019 10:50
Sri Mulyani ke Lulusan STAN: Harus Lebih Hebat dari Robot!
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan sambutan khusus kepada para lulusan STAN 2019. Salah satu pesannya adalah mereka harus lebih hebat dari Robot.

Menurut Mantan Managing Director World Bank ini, lulus dari STAN adalah sebuah kebanggaan karena melewati proses yang tidak mudah.

Selain itu, Sri Mulyani mengungkapkan tantangan ke depan yang harus dihadapi anak bangsa tidaklah mudah. Ia bercerita soal Indonesia nantinya di 2045.


"Anak-anak yang hari ini wisuda, pada 2045 kalian sudah berkarir sebagai ASN sekitar 25 tahun, itu berarti pada saat anda mencapai sudah mencapai top karir, apa yang kita bayangkan pada 2045 saat Indonesia merayakan 100 tahun?" tutur Sri Mulyani di ICE BSD, Kamis (19/9/2019).


"Pada saat itu momentum kemerdekaan dapat kita jaga, Indonesia akan mencapai pendapatan memengah tinggi atau bahkan tinggi sekali, dengan jumlah penduduk mencapai di atas 300 juta," imbuhnya.

Pemerintah, sambung Sri Mulyani terus berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM hingga birokrasi dan pembangunan infrastruktur.

"25 tahun ke depan banyak yang akan terjadi, banyak perubahan yang pasti terjadi, hari ini dihadapkan pada perubahan teknologi yang luar biasa cepat."

"Contoh, anda lulus akuntansi. Pekerjaan akuntansi salah satu yang menjadi sangat mungkin digantikan artificial intelligence (kecerdasan buatan), artinya anda harus merasa lebih baik dari robot."

"Apapun yang akan diciptakan yang akan menggantikan pekerjaan anda, manusia pasti lebih baik dari robot, tapi itu bukan kepastian yang mutlak kalau tidak tdak meningkatkan kreativitas kita," tegas Sri Mulyani.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading