Senjata Rahasia Anterin Lawan Grab & Gojek Tanpa Bakar Uang

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
19 September 2019 06:57
Jakarta, CNBC Indonesia - Meski pasar ojek oline dan transportasi online tanah air semakin ketat, ada saja pemain baru yang datang untuk menantang dominasi Grab dan Gojek. Salah satunya Anterin yang siap bersaing gunakan strategi bakar uang.

Untuk menghadapi Grab dan Gojek, Anterin menawarkan konsep yang berbeda dengan Grab dan Gojek. Anterin menggunakan konsep marketplace di mana penumpang dan pengemudi bebas menentukan harga sendiri tetapi tetap mengikuti aturan yang ada.


Jadi dalam aplikasi nantinya mitra driver diberikan kebebasan untuk memasang tarif sendiri di aplikasi sementara calon penumpang diberikan kebebasan untuk memilih driver berdasarkan preferensi masing-masing seperti harga yang terbaik, driver terdekat dengan calon penumpang, jenis kendaraan bahkan mau menggunakan jasa driver laki-laki atau perempuan.


Di Grab dan Gojek tarif sudah ditentukan sendiri oleh aplikator, mitra driver tidak bisa tentukan tarif sendiri. Selain itu driver dipilih berdasarkan algoritma yang ditetapkan perusahaan.

"Jadi dengan [konsep] marketplace itu kami beroperasinya sebagai perusahaan digital platform. Jadi hanya gateway (jembatan) saja," ujar CEO dan Pendiri Anterin Imron Hamzah, seperti dikutip Kamis (19/9/2019).

Perbedaaan lainnya, Anterin menggunakan biaya berlangganan pada mitra drivernya dan tak ada insentif. Saat ini biayanya Rp 150.000 per bulan. Nantinya 100% pendapatan dari order milik driver.

Adapun Grab dan Gojek menggunakan sistem komisi di mana driver akan diberikan komisi jika mengantarkan penumpang ketempat tujuan. Ada insentif yang diberikan bagi driver jika memenuhi target tertentu tapi insentif diambil dari komisi juga.

"Kenapa [gunakan] konsep seperti, supaya kita bisa meningkatkan pendapatan dari driver dan driver-driver ini bisa dapat langganan. Supaya problem sosial driver-driver ini bisa terselesaikan," tambah Imron.

"Sekarang insentif turun banyak demo, kan. Kami dengan konsep inovasi ini sebenarnya tidak memberikan insentif tapi kami memberikan kebebasan dari tarikan komisi. Kalau bicara insentif itu diambil dari komisi juga kan sebenarnya."


Lanjut ke halaman berikutnya >>> Dijemput Driver Grab dan Gojek



Dijemput Driver Grab dan Gojek
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading