Tarif Ojol Diatur, Anterin Kalahkan Grab Cs Tanpa Bakar Uang?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
20 September 2019 07:03
Jakarta, CNBC Indonesia - Penantang Grab dan Gojek di bisnis ojek online dan transportasi online kembali lahir. Kali ini PT Anterin Digital Nusantara atau Anterin siap menggoyang dominasi Grab dan Gojek.

Anterin hadir dengan konsep yang berbeda dengan Grab dan Gojek. Bila kedua raksasa ride hailing ini menggunakan konsep berbasis fee, maka Anterin mengusung konsep bisnis marketplace.

Lalu muncul pertanyaan apakah Anterin mampu menggoyang dominasi Grab dan Gojek tanpa harus bakar uang? Strategi bakar uang dengan promo diskon tarif besar-besaran merupakan senjata utama Grab dan Gojek bisa dengan cepat membujuk penumpang menggunakan layanan mereka.


Strategi ini pulalah yang membuat banyak pesaing Grab dan Gojek akhirnya gulung tikar karena tak kuat bersaing dan tak dilirik konsumen karena dianggap mahal. Grab dan Gojek bisa bakar uang dalam jumlah besar dan dalam jangka panjang karena mendapat suntikan dana dari investor kelas kakap.

Kini tarif ojek online sudah diatur batas bawahnya oleh Kementerian Perhubungan. Alasannya untuk menyehatkan persaingan. Kini strategi yang diambil Gojek dan Grab mengambil margin sangat tipis dari pengantaran orang.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance ( INDEF) Bhima Yudhistira menilai, keduanya sulit dilawan. Apalagi dengan status Gojek yang merupakan unicorn dan Grab sebagai decacorn yang valuasinya mencapai di atas US$ 1 miliar. Pemain baru haru mendapatkan suntikan modal

"Pemain baru relatif berat bersaing dengan satu unicorn dan satu decacorn di sektor ojol. Suntikan modal adalah segalanya, tanpa suntikan modal yang kuat artinya tidak bisa promo habis-habisan. Market share juga tidak naik, karena yang bisa manjakan konsumen dia yang menang," ujarnya seperti dikutip dari detikcom, Jumat (20/9/2019).

Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menilai penantang Gojek-Grab bisa saja bertahan di industri ojol asal tidak mengikuti pakem yang sudah ada.

"Mungkin bisa, tergantung strateginya dia seperti apa. Harus ada terobosan. Kalau ikutin yang sama saya bilang nggak bisa survive," tambahnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya ...



Konsep Marketplace
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading