Android 10 Lebih Canggih dari iOS 13, Benarkah?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 September 2019 07:16
Jakarta, CNBC Indonesia - Apple akan mengirimkan operating system terbarunya iOS 13 pada tanggal 19 September 2019 kepada iPhone dan iPad. Sementara Google telah mengirimkan update Android 10 kepada pengguna.

Lalu, bagaimana komparasi kecanggihan kedua operating system (OS) baru ini. Berikut perbandingannya seperti dikutip dari CNet, Senin (18/9/2019):


Pengelolaan privasi pengguna

Unggul: iOS 13


Selama bertahun-tahun Apple menjadikan Selama bertahun-tahun, Apple telah menjadikan privasi sebagai nilai jual. Pada WWDC, Apple mengatakan akan memberikan pengguna kontrol yang lebih besar mulai dari pembagian lokasi, membagikan informasi, dan pengawasan atas aplikasi yang tidak diinginkan. Apple juga akan memperbolehkan pengguna masuk secara anonim ke situs dan aplikasi tanpa terlacak.

Android 10 juga akan memberikan kontrol yang lebih besar atas informasi pengguna yang ingin mereka bagikan melalui aplikasi dan layanan. Google sedang mengerjakan pembaruan browser Chrome yang menurut para developer akan menghambat pemblokiran iklan dan eksistensi privasi.

Android 10 Lebih Canggih dari iOS 13, Benarkah?Foto: Apple (Doc CNBC)

Dark Mode
Unggul: iOS 13

Fitur dark mode menjadi salah satu fokus inovasi Google dan Apple tahun. Maklum dark model akan memberikan penghematan daya yang membuat masa pakai baterai yang lebih lama dan mengurangi radiasi pada mata.

Pada WWDC, Apple menyebutkan dark mode akan tersedia di wallpaper, widget, notification hingga kalender dan messages. Jadi, Apple akan menawarkan pengalaman dark yang seragam.

Google menghadirkan fitur dark mode di Android 10 tahun ini namun tidak ada theme. Pada versi beta awal Android 10, theme dark sudah lebih merata, tapi Gmail dan Chrome masih belum sepenuhnya mendapat dark mode.


Lanjut ke halaman berikutnya >>>



(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading