Apple Vs Android, Mana yang Lebih Baik Soal Keamanan Data?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 August 2022 08:15
Mana yang Paling mudah terinfeksi Virus? Foto: Infografis/Mana yang Paling mudah terinfeksi Virus?/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Selalu banyak perdebatan terkait siapa yang paling baik antara Apple dan Android. Termasuk terkait keamanan antara iOS dan Android.

Ada banyak laporan penyusupan aplikasi berbahaya melalui App Store ataupun Google Play. Beberapa perusahaan keamanan siber juga kerap melaporkan adanya aplikasi yang terinfeksi virus jahat dan ternyata telah diunduh banyak pengguna.

Sebuah survei dari Beyond Identity mencari tahu kebiasaan dan sentimen keamanan keduanya. Hasilnya lebih banyak pengguna iPhone yang merasa aman dibandingkan dengan mereka yang menggunakan Android.

Penelitian Beyond Identity ini dilakukan pada 1.003 orang Amerika. Di dalamnya terdiri dari 505 pengguna smartphone Android.

Hasilnya 49% pengguna Android mempertimbangkan beralih ke iPhone "karena persepsi superioritas keamanan dan privasi sistem operasi Apple". Selain itu para pemilik iPhone merasa lebih aman dibandingkan mereka yang menggunakan Android.

"Menurut pengguna setiap jenis smartphone, iPhone 13 Pro Max terasa jauh lebih aman dari Samsung Galaxy S22 Ultra. Faktanya pengguna iPhone 13 lebih dari dua kali lebih mungkin mengatakan mereka merupakan smartphone paling aman yang pernah gunakan," kata survei tersebut dikutip dari BGR, Senin (22/8/2022).

"Smartphone bukan satu-satunya teknologi tempat pengguna Apple melaporkan rasa aman yang tinggi. Pengguna Apple iCloud Keychain [aplikasi penyimpan password perusahaan] tujuh poin persentase lebih mungkin dari pengguna Google Passwod Manager merasa sangat aman mengenai metode penyimpanan kata sandi mereka."

Selain itu terungkap pula pemilik Android mengalami pelanggaran keamanan dibandingkan pengguna iPhone. Ada 20% pengguna Android tidak pernah mengalami keamanan dan pemilik iPhone yang mengklaim tidak pernah dibobol sebanyak 30%.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Android vs iPhone iOS, Mana Paling mudah terinfeksi Virus?


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading