Selain Kerjaan, Robot Juga Gantikan Hewan Peliharaan & Pacar

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
11 October 2019 15:16
Selain Kerjaan, Robot Juga Gantikan Hewan Peliharaan & Pacar Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon
Jakarta, CNBC Indonesia - Pengembangan robot tak hanya akan menggantikan pekerjaan manusia. Robot juga akan menggantikan hewan peliharaan hingga pacar atau pasangan hidup.

Salah satu yang sedang mengembangkannya adalah Boston Dynamics milik Jeff Bezos, pendiri Amazon. Perusahaan robotik ini sudah mulai menjualkan robot anjing pada konsumer tertentu, pekan lalu.


Melansir CNN International, Jumat (11/10/2019), robot ini bisa berlari 1,6 meter per detik dengan kamera 360 derajat yang memberikan penglihatan penuh. Robot ini bisa dijadikan teman bermain dan penjaga majikannya.


Perusahaan lain adalah Sony yang menjual Sony Aibo. Ini adalah robot anjing lucu yang dilengkapi teknologi pengenalan wajah (facial recognition) untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Robot ini diperkenalkan 2018 dan dijual seharga US$2.900 per unit.

Selain Kerjaan, Robot Juga Gantikan Hewan Peliharaan & PacarFoto: REUTERS/Michaela Rehle

Meski terbilang unik, pasar robot konsumen cukup menjanjikan secara bisnis. Riset P&S Intelligence melaporkan pada 2015 pasar robot konsumer sudah tembus US$3,8 miliar dan diprediksi akan naik menjadi US$34,1 miliar pada 2022, seperti dilansir dari Engadget.

Selain binatang, robot pasangan kini juga sudah muncul. Bahkan sudah ada yang memilih untuk menikahi robot. Salah satunya, Zheng, pemuda China berusia 33 tahun ini menikahi robot perempuan ciptaannya pada 2017 silam.


Robot wanita pasangannya ini diberi nama Yingying. Menurut sumber Digital Trends, Zheng memutuskan menikahi robot karena tidak berhasil menemukan pasangan wanita.

Akihiko Kondo juga memilih untuk menikah dengan hologram. Robot image tiga dimensi ini diberi nama Matsune Miku pada 2018. Miku sendiri diciptakan pada 2017 oleh startup Vinclu.


Hologram ini dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan yang yang dapat memberikan salam, menghidupkan dan mematikan lampu dan yang lainnya.

"Dia benar-benar menambahkan warna di hidup saya," ujar Kondo. "Ketika saya bicara dengannya saya menggunakan ekspresi wajah yang berbeda dan merasakan sesuatu. Itu yang membuat perbedaan."

Selain Kerjaan, Robot Juga Gantikan Hewan Peliharaan & PacarFoto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading