Duh, Robot Bakal Hapus 20 Juta Pekerjaan di Sektor Manufaktur

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
11 October 2019 13:47
Duh, Robot Bakal Hapus 20 Juta Pekerjaan di Sektor Manufaktur Foto: REUTERS/Rebecca Cook
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 20 juta pekerjaan diĀ sektor manufaktur akan digantikan oleh robot pada tahun 2030. Pekerjaan manusia akan digantikan oleh proses otomatisasi. Ini merupakan riset dari Oxford Economics.

Dalam risetnya, Oxford Economics mengatakan setiap kehadiranĀ robot di industri akan menghapus 1,6 juta pekerjaan di bidang manufaktur. Mereka yang akan kehilangan pekerjaan merupakan yang tidak memiliki keterampilan khusus.

Duh, Robot Bakal Hapus 20 Juta Pekerjaan di Sektor ManufakturFoto: Perkembangan penggunaan robot (BBC)

Kebanyakan kelompok yang tergusur ini akan beralih pekerjaan ke bidang transportasi, konstruksi, pemeliharaan dan pekerjaan bidang administrasi, yang juga rentan terkena otomatisasi.


"Semakin sering pekerjaan tersebut berulang, maka semakin tinggi peluang pekerjaan tersebut diiotomatisasikan," tulis riset Oxford Economics, seperti dikutip dari BBC, Jumat (11/10/2019).


Oxford Economics menambahkan sejak tahun 2000 sekitar 1,7 juta pekerjaan di sektor manufaktur telah hilang akibat kehadiran robot. China diprediksi akan menjadi negara yang paling banyak mengadopsi robot, hingga 14 juta robot industri di 2030.

Namun robot punya sisi positif. Jika ada instalasi robot meningkat 30% di seluruh dunia, akan memberikan tambahan US$ 5 triliun ke pertumbuhan ekonomi global.

Analis teknologi independen, Rory Cellan-Jones mengatakan laporan tersebut menyajikan pandangan yang lebih luas dan menekannya bahwa manfaat produktivitas dari otomatisasi harus untuk mendorong pertumbuhan, yang artinya menciptakan pekerjaan lebih banyak dari yang hilang.


(roy/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading