Bakal Diganti 'Jarvis' Iron Man, PNS Tinggal Kenangan?

Tech - Novina Putri Bestari & Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
02 December 2021 06:45
Infografis/PNS Lakukan Hal Ini, Gak ada ampun Langsung  Pecat!/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Artificial intelligence (kecerdasan buatan) atau sistem seperti Jarvis di Iron Man kemungkinan bakal sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Sebab menurut rencana, sejumlah posisi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dikabarkan akan diganti oleh teknologi ini.

Hal ini pernah diungkapkan sebelumnya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam suatu kesempatan tahun 2019 lalu.

"Ini bukan barang yang sulit. Barang yang mudah dan memudahkan kita untuk memutuskan sebagai pimpinan di daerah maupun nasional," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) di depan seluruh kementerian/lembaga saat memberikan pengarahan dalam pembukaan Musrenbangnas RPJMN 2020-2024 pada Desember 2019 lalu.


Menurutnya, mulai dari big data hingga jaringan, semua hal yang diputuskan bisa sangat cepat. "Nanti dengan big data yang kita miliki, jaringan yang kita miliki, memutuskan akan cepat sekali kalau kita pakai AI. Tidak bertele-tele, tidak muter-muter," kata dia.

Selain itu, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) juga tak makin terbebani, karena kebutuhan tinggi untuk membayar gaji dan tunjangan PNS serta pensiunan PNS.

Namun rencana ini bukan berarti membuat seluruh PNS akan dipecat. Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BKN, Satya Pratama menekankan akan ada kolaborasi antara manusia serta teknologi.

"Tidak (dihilangkan), tetap ada PNS. Namun jumlahnya tidak gemuk atau besar," ujarnya kepada CNBC Indonesia.

Konsep tersebut juga butuh perencanaan lebih matang dan komprehensif, jadi juga masih butuh waktu. "Itu masih dikaji lebih lanjut".

Sebelumnya Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pernah meneliti rencana tersebut. Namun ini terkendala PNS yang tidak mampu memanfaatkan teknologi.

Salah satu contohnya, menggantikan eselon III dan IV butuh data dan harus dihubungkan dengan algoritma. Dengan begitu bisa digunakan dengan algoritma dari data tadi.


[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading