'Diceraikan' Android Google, Huawei Pakai OS Hongmeng?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
21 May 2019 18:54
'Diceraikan' Android Google, Huawei Pakai OS Hongmeng?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pernyataan pendiri dan CEO Ren Zhengfei bahwa Huawei Technologies telah menyiapkan diri menghadapi sanksi terburuk Amerika Serikat (AS) bukan gertakan belaka. Diam-diam Huawei memang sudah mengembangkan sistem operasi (OS) untuk ponsel dan chip sendiri.

Huawei Central melaporkan Huawei sudah mengembangkan 'Hongmeng'. Ini merupakan sebuah sistem operasi pertama yang dikembangkan sendiri oleh Huawei. Rencananya Hongmeng akan dipakai untuk menggantikan sistem operasi Android Google.


Sumber Huawei Central mengatakan Hongmeng menggunakan arsitektur yang berbeda dari Android dengan berbasis pada Linux. Sistem operasi ini sudah dikembangkan sejak 2012. Tetapi belum ada kepastian kapan sistem operasi baru ini akan diluncurkan dan dikomersialkan.


Hongmeng akan bisa digunakan lintas platform termasuk ponsel dan notebook. Namun, pengembangan Hongmeng menghadapi beberapa tantangan ketika diluncurkan secara komersial.

Foto: Huawei (REUTERS/Dado Ruvic)

"Masalah yang paling menantang bagi Hongmeng adalah pada pembentukan ekosistem inti. Jika perusahaan meninggalkan kerangka kerja Linux + Java Android dan langsung mengadopsi arsitektur sistem baru, itu akan membuat sistem Hongmeng tidak kompatibel dengan Aplikasi berbasis Android saat ini," ujar sumber Huawei Central, seperti dikutip Selasa (21/5/2019).

Sumber tersebut menambahkan Hongmeng juga memiliki keunggulan karena memiliki dukungan luas dengan kemampuan hardware Huawei yang ada saat ini.

"Setelah OS keluar dari ekosistem perangkat lunak pendahulunya, maka ada peluang bagus bahwa Hongmeng akan menjadi salah satu sistem operasi seluler terbaik dan terbesar di dunia," tambahnya.

Adapun untuk pemasok chip, Huawei telah membentuk anak perusahaan bernama HiSilicon. Anak usaha ini memproduksi chip bernama Kirin.


Simak video tentang Google hentikan kerja sama dengan Huawei di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading