Solusi Banjir Jakarta: Banjir Wacana, Kering Realita

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
23 February 2021 08:05
Banjir rendam mobil di Kemang (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki) Foto: Banjir rendam mobil di Kemang (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Banjir kembali menyambangi DKI Jakarta. Bencana ini bukan kali pertama, Ibu Kota boleh dikata 'langganan' dalam urusan banjir.

Beberapa banjir besar yang terjadi di Jakarta di antara adalah pada 2007 dan 2013. Kala itu, banjir tidak hanya menyebabkan kerugian ekonomi dan melumpuhkan aktivitas warga, tetapi juga memakan korban puluhan jiwa.


Namun banjir 2021 juga mengerikan. Korban jiwa pun berjatuhan, tercatat lima nyawa melayang akibat banjir Jakarta tahun ini.

Mengutip data dari aplikasi Jakarta Kini (JAKI), luas daerah terdampak banjir di Jakarta tahun ini adalah 114.306,69 hektar. Banjir merendam 1.397 RT dengan total populasi 454.185 jiwa.

Anies Rasyid Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, menyatakan banjir kail ini bisa tertangani dengan baik. Tidak butuh waktu lama untuk membuat banjir surut.

"Alhamdulillah, atas izin Allah, pada hari Minggu sehari kemudian 99,9% surut. Ini terjadi lewat kerja keras seluruh jajaran untuk melakukan pemompaan di tempat-tempat yang terdampak. Kemudian, hari Senin dini hari, jam 03:00 WIB pagi tadi, dipastikan bahwa 100% sudah surut," tegas Anies saat apel di halaman Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (22/2/2021).

CNBC Indonesia menggelar jajak pendapat yang berhasil menjaring 3.149 jawaban. Dari jumlah itu, 67% menyatakan tidak setuju dengan pernyataan Anies. Sementara 27,1% menyatakan setuju dan sisanya tidak peduli.

"Masih banjir".

"Banjir parah".

"Masih banyak genangan air".

Demikian keluh sejumlah responden. Namun ada pula yang memberikan apresiasi.

"Surut lebih cepat dari tahun sebelumnya".

"Sudah lebih baik dari sebelumnya".

"Penanganannya sangat cepat".

Kalau melihat peta informasi banjir di aplikasi JAKI per 22 Februari 2021 pukul 21:00 WIB, memang sudah tidak ada lagi daerah yang tergenang. Luas wilayah maupun RT yang terdampak banjir sudah berada di angka 0. Sepertinya klaim Anies terbukti, kalau mengacu ke data JAKI.

Banyak Wacana, Minim Realita
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading