Jangan Remehkan Banjir Jakarta, yang Repot Bisa se-Indonesia!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
21 February 2021 12:15
Banjir di Kawasan Bumi Harapan Permai, Kampung Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur.  Akibat intensitas hujan lebat, Jumat  (19/Februari/2021) kemarin. Menurut Satpam yang bertugas Syahrul, air mulai masuk di kawasan komplek pada pukul 2.00 dini hari melalui anak kali Cipinang. Ditambah hujan yang belum berhenti hingga pukul 13.00 Ketinggian banjir terdalam mencapai dada orang dewasa orang dewasa. Bahkan di beberapa blok harus dievakuasi dengan perahu karet.(CNBC Indonesia/Emir)

Jakarta, CNBC Indonesia - Banjir dalam skala masif kembali 'mampir' di DKI Jakarta. Tingginya curah hujan membuat banjir lagi-lagi menyambangi Ibu Kota.

Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu diperkirakan diguyur hujan sedang pada hari ini, Minggu (21/2/2022). Sementara jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur diprediksi hujan ringan.


Banjir adalah masalah sosial-kemanusiaan. Namun dampak ekonomi tidak bisa dianggap enteng.

Banjir akan membuat aktivitas dan mobilitas warga lumpuh. Proses produksi dan distribusi tentu akan terganggu.

Apalagi kalau terjadi di Jakarta, yang merupakan jantung ekonomi Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Jakarta menyumbang 17,56% terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Terbesar di antara provinsi-provinsi lainnya.

growthSumber: BPS DKI Jakarta

Halaman Selanjutnya --> Banjir Matikan Ekonomi

Banjir Matikan Ekonomi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading