Libur Akhir Tahun Mau 'Disunat', Ekonomi RI Bakal Sekarat?

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
24 November 2020 12:13
Suasana terminal Lembang di Jalan Raden Patah, Ciledug, Kota Tangerang, Banten, Kamis (30/7/20). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Terminal Lembang biasanya selalu ramai penumpang, terutama menjelang Hari Raya Idul Adha.

Banyak penumpang yang datang ke Terminal Lembang untuk mudik ke kampung halaman.

Namun, aktivitas itu tampak berbeda pada Hari Raya Idul Adha tahun ini.   

Kini, Terminal Lembang sepi penumpang bus, meski Hari Raya Idul Adha tak lama lagi.

Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun ini, Ramadan-Idul Fitri terasa sangat berbeda. Pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Codi-19) membuat momentum kemenangan dan kebahagiaan itu menjadi penuh keprhatinan.

Ramadan-Idul Fitri tahun ini jatuh kala pemerintah sedang getol-getolnya menegakkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk meredam penyebaran virus corona. Ini membuat tradisi berkumpul bersama keluarga dan sahabat di kampung halaman terpaksa ditiadakan. Lebaran #dirumahaja, silaturahmi dilakukan secara daring (online).

Tidak cuma itu, pemerintah juga meniadakan libur panjang Ramadan-Idul Fitri. Maklum, sebagian besar pekerja memang masih wajib bekerja dari rumah dan diimbau tidak ke mana-mana (apalagi mudik). Jadi libur panjang saat itu memang bakal sia-sia.


Begitu ketatnya PSBB kala itu tidak hanya melukai hati dan tradisi, tetapi juga ekonomi. Ramadan-Idul Fitri yang biasanya menjadi puncak konsumsi rumah tangga berubah menjadi petaka.

Pada kuartal II-2020, konsumsi rumah tangga terkontraksi atau tumbuh negatif 5,51% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/YoY). Konsumsi rumah tangga berkontribusi lebih dari 50% dalam pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB), sehingga ekonomi Ibu Pertiwi tumbuh negatif 5,32% YoY, pencapaian terendah sejak 1999.

HALAMAN SELANJUTNYA >>> COVID MAKIN MENGGILA

Corona Makin 'Menggila'!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading